DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 10:14 WIB

Sandi Dapat Laporan Ada Nelayan Kerap Buang Sampah ke Laut

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandi Dapat Laporan Ada Nelayan Kerap Buang Sampah ke Laut Berton-ton Sampah Diangkut dari Teluk Jakarta Foto: Muhammad Abdurrosyid
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pembersihan Teluk Jakarta, Jakarta Utara, akan dilakukan hingga tuntas. Sandiaga mengimbau nelayan dan warga tidak membuang sampah sembarangan.

"Saya dapat laporan juga nelayan-nelayan suka ada beberapa yang masih belum patuh dan membuang sampah ke laut. Banyak masyarakat kita membuang sampah ke sungai. Ini yang harus kita jadikan sebagai gerakan untuk hentikan membuang sampah," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).

Sandiaga juga menaruh perhatian kepada para pekerja PPSU yang ikut membersihkan sampah untuk memperhatikan keselamatan. Dia ingin petugas menggunakan perlengkapan yang memadai.


"Saya ingatkan juga untuk keselamatan dan kesehatan kerja. Mereka-mereka saya lihat bekerja tidak pakai sarung tangan. Itu berbahaya kalau ada benda-benda yang tajam atau bisa menimbulkan luka nanti di tangannya," terangnya.

Petugas dari Pemprov DKI Jakarta sudah membersihkan Teluk Jakarta dari lautan sampah sejak Sabtu (17/3). Di hari pertama, petugas berhasil mengangkut 19,3 ton sampah.


Dalam proses pengangkutan sampah di hari pertama, kurang lebih 150 personel diterjunkan bersama empat kapal fiber. Di hari kedua pembersihan, Minggu (18/3), alat berat dikerahkan untuk mempercepat proses.

Pemprov DKI Jakarta, di hari kedua proses pengangkutan menggunakan alat berat, belum dapat memastikan sudah berapa ton sampah yang berhasil dikeluarkan dari teluk. Proses pembersihan dilakukan hingga beberapa hari ke depan.
(fdu/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed