DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 02:30 WIB

Suarakan Profesi Perawat, detikcom Terima Penghargaan dari PPNI

An Uyung Pramudiarja - detikNews
Suarakan Profesi Perawat, detikcom Terima Penghargaan dari PPNI Foto: detikcom terima penghargaan dari PPNI (An Uyung P)
Jakarta - Memperingati hari ulang tahun ke-44, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) memberikan penghargaan kepada 15 media massa yang dinilai aktif menyuarakan praktik mandiri perawat. Di kategori media online, detikcom menjadi salah satu penerima penghargaan tersebut.

Penghargaan PPNI untuk media massa disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPNI, Harif Fadillah, dalam Malam Puncak Peringatan HUT PPNI ke-44 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (19/3/2018).

"Semoga makin semangat," pesan Harif kepada perwakilan detikcom saat menyerahkan piagam.


Dalam sambutannya, Harif menekankan perlunya dukungan terhadap praktik mandiri perawat. Sebagaimana profesi kesehatan lainnya, perawat diharapkan juga bisa menjalankan praktik mandiri.

Namun karena berbagai hambatan baik internal maupun eksternal, baru 4.619 izin praktik mandiri perawat yang dikeluarkan sejak 2001. Padahal menurut Harif, kehadiran praktik perawat sangat dibutuhkan.

"Dari jumlah desa ada 74 ribu lebih, ternyata kurang dari 50 persen yang ada fasyankes (fasilitas layanan kesehatan)," kata Harif.

"Perawat bisa mengisi lebih dari 35 persen desa yang belum ada fasyankes," lanjutnya.

Dalam acara tersebut, PPNI juga meresmikan terbentuknya Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Perawat Indonesia. Badan ini dibentuk untuk mengantisipasi persoalan hukum yang mungkin dihadapi para perawat dalam melaksanakan praktik profesi.
(up/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed