Sampah Berserakan Juga Ada di Pantai Marunda

Yulida Medistiara - detikNews
Minggu, 18 Mar 2018 15:59 WIB
Sampah yang juga berserakan di Pantai Marunda (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Lautan sampah menumpuk di Teluk Jakarta tepatnya di kawasan hutan mangrove Ecomarine, Penjaringan, Jakarta Utara. Tak hanya di lokasi itu, sampah-sampah berserakan juga ditemukan di Pantai Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Dari pantauan, Minggu (18/3/2018), tumpukan sampah paling banyak berada di jalan yang menghubungkan pintu masuk pantai dengan tepi laut. Di jalan itu tertumpuk sampah plastik maupun bambu di jalanan. Di samping jalan itu terdapat air laut yang masuk ke kolam.


"Tadinya empang tapi berubah jadi sampah. Empangnya tadi dangkal lalu karena bertumpuk jadi jalanan. Tadinya motornya nggak bisa naik ke sini tapi karena ada sampah jadi ada bisa di akses jalan," kata seorang warga bernama Inggrit di Pantai Marunda, Jalan Gang VII RT 03/07, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (18/3/2018).

Menurut Inggrit, tempat pembuangan sampah cukup jauh dari lokasi tersebut yaitu di Cakung, Jakarta Timur. Namun, Inggrit menyebut pekerja penanganan sarana dan prasarana umum (PPSU) cukup rajin membersihkan sampah di lokasi tersebut.


Selain di lokasi tersebut, tumpukan sampah tampak di belakang warung-warung milik warga. Inggris menyebut sampah itu berupa sisa bambu yang digunakan warga membangun rumah.

"Itu bambu kadang kalau banyak angin kayak gini nggak bisa dibakar. Kadang diberesin sama tim pasukan oranye," kata Inggrit.

(dhn/tor)