DetikNews
Minggu 18 Maret 2018, 12:32 WIB

Cegah Sampah di Teluk Jakarta, Susi Akan Sumbang Jaring-jaring

Indra Komara - detikNews
Cegah Sampah di Teluk Jakarta, Susi Akan Sumbang Jaring-jaring Foto: Instagram dan Twitter Susi Pudjiastuti
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk penanganan sampah di laut. Anies mengatakan, Pemprov DKI akan mendapat sumbangan jaring-jaring dari Kementerian Kelautan dan Perikaman (KKP) untuk mencegah sampah ke Muara.

[Gambas:Video 20detik]


"Saya sudah bicara dengan Bu Susi, kita akan mendapatkan jaring-jaring juga nanti dari kementerian, dari KKP yang akan dipakai untuk menghentikan sampah-sampah agar tidak sampai mengalir ke muara," ujar Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).


Jaring-jaring tersebut, kata Anies akan dipasang di sungai di Jakarta dan Teluk Jakarta. Anies berharap, daerah lain seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menerapkan hal serupa agar sampah tidak terbawa arus sungai sampai ke muara.

"Kita harapkan juga sungai-sungai di kanan kiri Jabodetabek juga ikut membuat jaring-jaring yang sama," katanya.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sudah melakukan penanganan sampah di Teluk Jakarta. Sejak pagi tadi petugas Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu sudah bergotong royong mengangkat sampah.


Sampah itu diangkut dengan menggunakan empat kapal fiber dan dikerjakan oleh kurang lebih 150 personel. Kepala Seksi Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Ari mengatakan permasalahan dalam pengangkutan sampah di Teluk Jakarta yakni faktor cuaca dan pasang surutnya air laut.

Anies juga sudah meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk mengangkat sampah di Teluk Jakarta. Sia meminta agar petugas juga bergerak melakukan pembersihan dari hilir hingga ke hulu.

"Biar LH (Dinas Lingkungan Hidup) akan bersihkan dan harus dari hilir, ke tengah, dan hulu. Jaadi kita nanti akan siapkan jaring-jaring untuk menjaring sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI," papar Anies.
(idn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed