DetikNews
Minggu 18 Maret 2018, 12:04 WIB

Menkominfo Ajak Warga Pakai Teknologi untuk Jaga Lingkungan

Dwi Andayani - detikNews
Menkominfo Ajak Warga Pakai Teknologi untuk Jaga Lingkungan Foto: Mekominfo Rudiantara (Kedua dari kiri)/Dwi-detikcom
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan hutan. Salah satu cara menjaga kelestarian ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi.

"Kita yang concern dengan lingkungan hidup dan hutan, saya liat pemanfaatan teknologi banyak yang bisa digunakan internet dan media sosial," ujar Rudi dalam acara diskusi 'International Day Of Forests 2018' di Taman Menteng, Jl HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Minggu, (18/3/2018).

Menurutnya, banyak hal yang bisa digunakan dengan teknologi untuk menjaga kelestarian. Ia menuturkan kelestarian hutan bukan hanya persoalan sampah, namun juga efek dari rumah kaca.

"Saya melihat pemanfaatan teknologi, media sosial banyak sekali yang bisa digunakan, contoh masalah hutan bukan hanya pelestarian saja, sampahnya tapi efek rumah kaca," ujar Rudi.



Hal bisa digunakan dengan teknologi yaitu dengan Internet Of Thing (IoT). ia mencontohkan penggunaan IoT pada penerbangan untuk mengurangi adanya gas emisi.

"Penggunaan teknologi luar biasa sekarang menggunakan IoT bagaimana industri penerbangan sudah mulai mengurangi gas emisi gara gara menggunakan IoT," kara Rudi.

"Jadi mesin pesawat ditempeli alat sensor, kemudian dihitung, mereka mengumpulkan semua informasi dan data-data yang berkaitan dengan pergerakan sehingga semua informasi terkumpul dan diketahui bagaimana cara mengurangi gas emisinya. Karena Menambah emisi menimbulkan efek rumah kacanya menjadi lebih tinggi," sambungnya.



Rudi mengatakan saat ini kekurangan dalam menjaga lingkungan adalah sosialisasi awal untuk mengetahui fungsi menjaga lingkungan. Maka itu ia berharap masyarakat dapat menggunakan teknologi untuk mensosialisasikan untuk ikut menjaga hutan.

"Kekurangan kita adalah sosialisasi awalnya, saya berharap anak muda Indonesia kaum milenial bisa berbuat untuk menjaga hutan kita. Orang harus diberitahu dulu, mengetahui apa itu pelestarian hutan apa itu untuk menurunkan gas emisi apa hal yang positif kalau sudah tau orang harus tau apa manfaatnya," tutur Rudi.

Sama halnya dengan Rudi, Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Mahfudz mengatakan masyarakat bisa ikut menjaga lingkungan. Dengan cara mengkampanyekan pentingnya lingkungan dan memulai perubahan dari masing-masing individu.

"Potensi pemuda kita sangat besar, kita (bisa) mengkampanyekan, mengenalkan dulu dengan media sosial, dari individual dan komunitas," kata Mahfudz.

Menutut Mahfudz, hal yang bisa sosialisasikan adalah mengenai isu penebangan hutan dan penyelamatan satwa.

"Dua hal yang dapat menjadi isu, program penurunan deforestasi dan bagaimana kita menyelamatkan satwa kita," kata Mahfudz.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed