DetikNews
Minggu 18 Maret 2018, 11:33 WIB

Anies Siapkan Jaring-jaring Cegah Sampah di Teluk Jakarta

Indra Komara - detikNews
Anies Siapkan Jaring-jaring Cegah Sampah di Teluk Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat diwawancara soal kondisi Teluk Jakarta. Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti permasalahan sampah yang ada di Teluk Jakarta. Dia mengatakan akan memasang jaring-jaring untuk mencegah kembalinya sampah di kawasan tersebut.

"Kita nanti akan siapkan jaring-jaring untuk menjaring sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI. Dan, kita harapkan juga sungai-sungai di kanan kiri Jabodetabek juga ikut membuat jaring-jaring yang sama," kata Anies di Masjid Istiqlal Jl Taman Wijayah Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).



Anies mengatakan pemasangan jaring-jaring tersebut tidak hanya akan dilakukan di Teluk Jakarta. Jaring-jaring tersebut juga akan di pasang di sepanjang sungai untuk mencegah sampah dari sungai ke hulu.

"Bukan hanya di teluk. Nanti pemasangan jaring-jaring itu sepanjang sungai sampai ke muara sehingga bukan hanya di ujungnya, kalau hanya diujung saja berat," ujarnya.

Untuk aksi pembersihannya, Anies sudah menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengangkut sampah di Teluk Jakarta. Dia meminta sampah-sampah juga dibersihkan mulai dari hilir hingga ke hulu.



"Biar LH (Dinas Lingkungan Hidup) akan bersihkan, dan harus dari hilir, ke tengah dan hulu," kata Anies.

Pagi ini, pembersihan sampah di Teluk Jakarta kembali dilanjutkan. Petugas bahu membahu mengangkut sampah.

Dari pantauan detikcom, Minggu (18/3/2018) pukul 09.30 WIB, tampak petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara sudah mulai mengangkut sampah di kawasan hutan mangrove Ecomarine. Tampak petugas membersihkan sampah menggunakan tangan kosong serta cangkul.

Bersih-bersih sampah pagi ini sudah masuk hari kedua. Di hari pertama total sampah yang sudah diangkut sebanyak 19,340 ton.

[Gambas:Video 20detik]


(idn/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed