DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 15:09 WIB

Lampu Lalin yang Bisa Nyanyi di Lebak Bulus Dibuat untuk Anak-anak

Haris Fadhil - detikNews
Lampu Lalin yang Bisa Nyanyi di Lebak Bulus Dibuat untuk Anak-anak Lampu lalu lintas bernyanyi di Lebak Bulus. Foto: Haris Fadhil-detikcom
Jakarta - Ada lampu lalu lintas bernyanyi di depan SD Islam Al Barkah, Jalan Karang Tengah, Jakarta Selatan. Lampu yang difungsikan untuk membantu orang menyebrang ini sengaja dibuat bernyanyi karena banyak anak-anak.

"Ini sudah seminggu bisa beroperasinya. Karena banyak anak-anak jadi dibuat ada lagunya yang begini," kata salah satu teknisi UP SPLL (Sistem Pengendali Lalu Lintas) Dishub DKI Jakarta, Tony yang ada di lokasi, Sabtu (17/3/2018).

Menurut Tony, bukan baru kali ini lampu lalu lintas untuk membantu penyebrangan dilengkapi suara. Namun, biasanya bunyinya bukanlah lagu.



"Kalau bunyi kan biasa juga ada yang pas orang nyebrang. Tapi biasanya cuma bunyi 'tuut-tuut' saja," ujar Tony.

Lampu lalu lintas di depan SD Islam Al Barkah ini bakal bernyanyi setelah warga yang mau menyebrangi jalan menekan tombol hijau di tiang lampu lalu lintas yang ada di sisi trotoar. Nantinya, lampu tanda orang menyebrang akan menunjukkan hitung mundur selama 10 detik sebelum berubah menjadi hijau yang artinya warga bisa menyebrang.



Setelah lampu tanda orang menyebrang berubah menjadi hijau barulah lagu akan terdengar. Lagu akan terdengar selama 32 detik.

Berikut lirik lagu yang terdengar dari lampu lalu lintas bernyanyi ini:

Berdiri di tempat menyebrang
Tunggu sejenak gunakan mata dan telinga
Sebelum menyebrang tengok ke kanan dan tengok ke kiri
Tengok ke kanan lagi
Langkahkan kakimu jangan berlari
Tetap hati-hati.

[Gambas:Video 20detik]


(HSF/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed