DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 12:56 WIB

Aksi Fredrich Periksa Kamar RS Sebelum Novanto Kecelakaan Dibongkar

Faiq Hidayat - detikNews
Aksi Fredrich Periksa Kamar RS Sebelum Novanto Kecelakaan Dibongkar Fredrich Yunadi di Pengadilan Tipikor Jakarta/Foto: Ari Saputra-detikcom
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Jakarta - Plt Manajer Pelayaan Medik RS Medika Permata Hijau, dr Alia membeberkan aksi Fredrich Yunadi saat mengecek kamar rawat untuk Setya Novanto. Bukan cuma pengecekan visual, asisten Fredrich Yunadi disebut juga memotret seluruh ruangan yang akan ditempati Novanto.

"Sampai di lantai 3 dia foto-foto, nggak lama (setelah itu) saya dapat telepon dari pengacara Setya Novanto. Dia nanya dokter di mana? Saya (jawab) di atas, di ruangan VIP. Akhirnya datanglah pengacara Pak Setya Novanto, Pak Fredrich, saya katakan ya ini ada ruangan Pak Novanto dirawat di kamar nomor 323," ujar Alia bersaksi dalam sidang lanjutan Fredrich Yunadi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (15/3/2018).



Saat bersama Fredrich, dr Alia melihat mantan pengacara Novanto ini menerima telepon dari seseorang. Tapi dr Alia tidak mendengar pasti pembicaraan telepon Fredrich tersebut.

"Tidak lama di sana, Beliau terima telepon. Saya tidak dengar apa yamg diomongkan, oh iya oke oke saja yang saya dengar," kata Alia.

Setelah itu, Fredrich menyampaikan Novanto akan masuk RS untuk dirawat dengan kondisi kecelakaan. Alia mengaku bingung karena awalnya Novanto akan masuk dengan diagnosa hipertensi dan gangguan jantung.

"Beliau menutup telepon dan sampaikan ke saya, 'dok ini masuknya dengan kecelakaan', yang ngomong Pak Fredrich," ujar dr Alia.

"Saudara paham maksudnya?" tanya hakim.



"Saya cuma bingung, belum tahu kondisi pasien, belum periksa. Kalau dokter kan harus tahu kondisi pasien dulu. Kan info awal sakitnya hipertensi, gangguan jantung, makanya saya bingung tapi cuma di dalam hati saya saja," jawab Alia.

Dalam perkara ini, Fredrich Yunadi didakwa merintangi penyidikan KPK atas Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Fredrich diduga bekerja sama dengan dr Bimanesh Sutarjo merekayasa sakitnya Novanto.



(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed