DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 11:37 WIB

Mendagri Minta Alex Noerdin Waspadai Ancaman Asap di Asian Games

Raja Adil Siregar - detikNews
Mendagri Minta Alex Noerdin Waspadai Ancaman Asap di Asian Games Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Palembang - Mendagri Tjahjo Kumolo mengingatkan Pemprov Sumatera Selatan agar mengantisipasi ancaman asap kebakaran hutan dan lahan. Pemprov Sumsel diminta memastikan gelaran Asian Games terlaksana dengan baik.

"Asian Games nanti diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, hanya sebagian di Jawa Barat. Saya titip ini kepada Pak Gubernur (Alex Noerdin) untuk hati-hati terhadap asap akibat kebakaran hutan dan lahan," kata Tjahjo saat menghadiri rapat koordinasi jaringan informasi geospasial di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (15/3/2018).



Tjahjo menyebut pemerintah sudah berkomunikasi dengan pimpinan perusahaan perkebunan yang ada di Indonesia. Mereka diminta bertanggung jawab menjaga area lahan agar tidak terjadi kebakaran.

Mendagri Tjahjo Kumolo saat menghadiri rapat koordinasi jaringan informasi Geospasial di Palembang, Kamis (15/3/2018)Mendagri Tjahjo Kumolo saat menghadiri rapat koordinasi jaringan informasi geospasial di Palembang, Kamis (15/3/2018). (Raja Adil Siregar/detikcom)

"Beberapa waktu lalu, Bapak Presiden sudah memanggil seluruh perusahaan perkebunan untuk ikut terlibat dalam pencegahan. Mereka diminta bertanggung jawab agar lahan tidak terbakar, termasuk daerah lain," sambungnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin memastikan Kota Palembang siap secara matang untuk menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta. Bahkan persipan ini sudah dilakukan sejak jauh hari.



"Kami secara infrastruktur dan venue mungkin sudah lebih siap dari Jakarta untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Semua persiapan sudah selesai, begitu juga dengan kotanya," kata Alex.

Alex Noerdin mengaku telah menjalin koordinasi dengan TNI/Polri dan instansi terkait dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed