DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 11:19 WIB

Belum Punya Markas, Polda Kaltara akan Tempati Bangunan Pemprov

Audrey Santoso - detikNews
Belum Punya Markas, Polda Kaltara akan Tempati Bangunan Pemprov Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Brigjen Indrajit sebagai Kapolda Kalimantan Utara. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjuk Brigjen Indrajit sebagai Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara). Namun hingga saat ini Polda Kaltara belum punya markas sendiri.

"Bangunan fisik belum ada. Nanti mungkin akan menempati bangunan yang sudah ada dulu. Dipinjami oleh Pemprov Kaltara," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2018).


Pembentukan Polda Kaltara mengikuti terbentuknya Provinsi Kaltara, yang merupakan pemekaran dari Kalimantan Timur. Setyo mengatakan Polri sebenarnya sudah memiliki tanah yang diperuntukkan bagi bangunan Mapolda Kaltara, namun pembangunan belum dimulai.

"Kita lokasi tanahnya sudah ada. Tinggal dibangun. Mungkin tahun ini kita bangun," ujar Setyo.

Pembentukan Polda Kaltara diharapkan bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat di Kaltara tak perlu jauh-jauh mengurus perkara ke Kaltim.


"Dengan adanya polda di Kaltara, itu kan perbatasan ya, tentunya masyarakat Kaltara tidak perlu jauh-jauh ke Kaltim kalau urusan polisi. Polri lebih mendekati masyarakat dari segi pelayanan. Moga-moga lebih baik," tutur Setyo.

Pada kesempatan yang sama, Indrajit mengatakan tetap bersemangat menjalankan tugas barunya meski dukungan sarana dan prasarana belum maksimal. Dia mengatakan akan berkomunikasi dengan pemda setempat untuk minta dukungan sarana sementara waktu ini.

"Tugas saya sudah jelas tadi saat disumpah, saya tetap semangat apa pun kondisinya. Saya tetap semangat melayani masyarakat dan saya akan kerja sama dengan pemda untuk mempersiapkan, menetapkan, baik itu kantor maupun rumah bagi anggota," ungkap Indrajit.


Mantan Wakapolda Jawa Tengah ini menerangkan istilah 4M dalam proses penyempurnaan Polda Kaltara. Setelah resmi menjadi kapolda, Indrajit akan berfokus mempersiapkan tempat tinggal untuk para anggotanya.

"Yang pertama kan kita harus bisa 4M, ya. Masalah keuangan, masalah manusianya, masalah materialnya, masalah metodenya. Jadi sekarang yang kami perintahkan mencari di mana tempat untuk kantor Polda, di mana tempat asrama untuk anggota yang tinggal di sana. Itu yang pertama kita prioritaskan," ucap Indrajit.

Indrajit menyebutkan tindak kriminal penyelundupan akan jadi satu hal yang disorotinya. Dia mengatakan rawan penyelundupan di Kaltara karena wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

[Gambas:Video 20detik]


"Karena ini perbatasan ya, mungkin juga masalah penyelundupan. Karena ini perbatasan dengan negara Malaysia. Sementara seperti itu, tapi karena saya belum ke sana, saya juga belum tahu yang pastinya," terangnya.

Indrajit mengatakan Polda Kaltara terdiri atas empat polres dan 47 polsek.
(aud/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed