DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 01:23 WIB

Zulkifli Hasan Ngaku Nyapres Itu Berat

Usman Hadi - detikNews
Zulkifli Hasan Ngaku Nyapres Itu Berat Zulkifli Hasan (Foto: Dok. MPR)
Yogyakarta - Zulkifli Hasan termasuk dalam deretan nama calon wakil presiden (cawapres) yang tengah dijaring PDI Perjuangan untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Namun Ketua Umum PAN itu masih mempertimbangkan diri maju sebagai calon presiden (capres) sesuai keputusan partai.

"Putusan (PAN) kemarin capres tuh," ucap Zulkifli di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (14/3/2018).


Meski didorong PAN untuk maju sebagai capres, Zulkifli, yang saat ini menjabat Ketua MPR, mengaku syaratnya cukup berat. Untuk itu, dia masih menghitung-hitung kekuatan peta koalisi.

"Cuma syaratnya berat, oleh karena itu kita lihatlah koalisi," ucap Zulkifli.

Sebelumnya, Wasekjen PDIP Ahmad Basarah menyebut sejumlah nama yang tengah dijaring untuk menjadi cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Nama-nama itu antara lain Ketua Kogasma Pemenangan Pemilu PD Agus Harimurti Yudhoyono, politikus PDIP Puan Maharani, hingga Ketum PAN Zulkifli Hasan.


"Tentu semua cawapres yang muncul, Pak Muhaimin Iskandar (Ketum PKB), Pak Zulhas (Ketum PAN Zulkifli Hasan), Pak Rommy (Ketum PPP Romahurmuziy), Pak AHY, Puan Maharani, itu semua masuk dalam list kita. Jadi kita sekarang sedang melakukan pengkajian mendalam dengan semua calon itu," kata Basarah.

Namun nama-nama tersebut belum mengerucut. Basarah berharap parpol koalisi pro-Jokowi masih terus berjalan setelah nama cawapres diketuk.

"Yang kita harapkan adalah, dari semua dialog dan terjadi kerja sama politik dengan ketum-ketum parpol, telah ada kesepakatan bahwa kita bisa terus bersama-sama dengan kesepakatan akhirnya menjadikan mereka menjadi cawapres," kata Basarah.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed