DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 23:27 WIB

KPK Siap Koordinasi dengan Komnas HAM soal Kasus Novel Baswedan

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Siap Koordinasi dengan Komnas HAM soal Kasus Novel Baswedan Novel Baswedan memberikan keterangan pers di Komnas HAM pada Selasa, 13 Maret 2018. (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Tim pemantau kasus teror air keras yang menimpa Novel Baswedan berkirim surat ke KPK. Lembaga antirasuah itu siap berkoordinasi dengan tim bentukan Komnas HAM tersebut.

"KPK terbuka untuk menerima teman-teman dari Komnas HAM untuk berkoordinasi lebih lanjut di sini. Nanti teknisnya kita akan koordinasi lagi," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).


Koordinasi kedua lembaga ini bukan pertama kalinya dilakukan terkait kasus tersebut. Sebelumnya, Febri berkata KPK pernah menerima Komnas HAM periode sebelumnya.

"Dan kami sampaikan bahwa pada prinsipnya KPK sangat terbuka dengan pihak mana pun, dengan satu tujuan, agar teror itu bisa diungkap. Nah, spesifiknya apa, tentu itu harus ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan yang lebih teknis," tuturnya.

Pada Selasa (13/3) kemarin, tim pemantauan itu telah meminta keterangan Novel. Dalam pemeriksaan 7 jam itu, Novel memaparkan soal kronologi sebelum dan sesudah peristiwa penyerangan terhadap dirinya pada 11 April 2017.


Novel juga disebut menyampaikan dugaan pelaku penyerangan kepada tim tersebut. Dugaan pelaku ini juga sudah pernah disampaikan Novel saat diperiksa penyidik polisi di Singapura.

"Proses permintaan keterangan kepada Mas Novel korban penyerangan berjalan baik. Kami tidak menyampaikan detail materi, tapi secara umum hal berkenaan keterangan tadi Bang Novel jelaskan kronologi pra dan pasca-peristiwa terkait pekerjaan Mas Novel tangani selama bekerja di KPK," ujar kuasa hukum Novel, Yati Andriyani, seusai pemeriksaan di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Jakarta.
(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed