DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 19:44 WIB

Cak Imin Deklarasi Jadi Cawapres 2019

Erwin Dariyanto - detikNews
Cak Imin Deklarasi Jadi Cawapres 2019 Ketum PKB Muhaimin Iskandar mantap maju jadi cawapres 2019. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akhirnya meneguhkan tekad untuk maju sebagai calon wakil presiden 2019. Hari ini, dia mendeklarasikan tekadnya tersebut.

"Ya saya mendeklarasikan sebagai cawapres," kata Cak Imin dalam pertemuan dengan Forum Pemred di Restoran Bunga Rampai, Jl Teuku Cik Di Tiro, Jakpus, Rabu (14/3/2018).


Keinginan maju ini berawal dari desakan kader di tingkat bawah. Awalnya, kata dia, kader di tingkat bawah ingin Cak Imin maju sebagai calon presiden.

Namun kepada para kader PKB, Cak Imin meyakinkan bahwa sesuai dengan perolehan suara Pemilu 2014, partainya tak mungkin mengusung calon presiden sendiri. Maka alternatifnya, Cak Imin, sebagai Ketum PKB, maju sebagai cawapres.


Akhirnya kader di tingkat bawah ramai-ramai membuat baliho bergambar Cak Imin. Setelah baliho terpasang beberapa bulan, elektoral Cak Imin sebagai cawapres naik dalam sejumlah survei.

"Sekarang hampir tak ada lembaga survei yang tak memunculkan nama saya," kata Cak Imin.

Terkait siapa yang akan didampingi sebagai calon presiden, Cak Imin masih akan menunggu perkembangan dan restu para kiai. "Yang pasti tidak akan buru-buru," kata dia.

Cak Imin juga terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan partai-partai pengusung Joko Widodo (Jokowi) serta partai lain.
(erd/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed