DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 17:48 WIB

Rel Kereta Stasiun Palmerah, Arena Main Anak yang Tak Seharusnya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rel Kereta Stasiun Palmerah, Arena Main Anak yang Tak Seharusnya Tampak permukiman di tepi rel kereta dekat Stasiun Palmerah (Foto: Arief Ikhsanudin/ detikcom)
Jakarta - Beberapa anak asyik main di pinggir rel kereta di dekat Stasiun Palmerah. Tidak ada ketakutan meski KRL hilir mudik di RT 03/07, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebenarnya, tak hanya anak-anak yang beraktivitas di sana. Orang dewasa pun ramai melewati kawasan tersebut, bahkan memacu motor didamping rel kereta.

Tak ada pagar pembatas antara permukiman di sekitar sini dengan rel kereta. Pintu depan rumah warga berhadapan langsung dengan rel.


Zaki (3) asyik bermain perang-perangan bersama temannya. Dia tak takut saat ada kereta melintas.

"Nggak takut, Om," kata Zaki dengan nada polos, Rabu (14/3/2018).

Eva (37), ibunda Zaki akan berteriak memperingatkan anaknya saat ada kereta lewat. Dia meminta anaknya sedikit menjauh dari rel kereta.

Bocah bermain bebas di tepi rel karena tak ada sarana bermain lainBocah bermain bebas di tepi rel karena tak ada sarana bermain lain (Foto: Arief Ikhsanudin/ detikcom)


"Zaki, awas. Ada kereta, minggir," ucap Eva.

Mendengar peringatan sang ibu, Zaki akan bergeser beberapa langkah menjauhi rel kereta. Setelah kereta melintas, dia bergerak bebas bahkan duduk santai di bantalan rel.

Eva mengaku khawatir anaknya tersambar kereta. Beberapa kasus pernah terjadi di daerah tersebut.


"Ya takut, apalagi banyak kejadian. Mau anak kecil atau orang dewasa. Disambar kereta kan nggak ada yang selamat," ucapnya.

Meski begitu, hal itu terpaksa terjadi karena tak ada tempat bermain anak-anak. Dan tak ada RPTRA di sekitar lokasi tersebut.

"Belum ada RPTRA di dekat sini. Paling di Benhil (Bendungan Hilir). Kita kan waswas makanya sambil di sini sambil mengawasi anak," ucap Eva.


Hal serupa pun disampaikan Uun (24) yang ingin anaknya tidak lagi bermain di pinggir rel kereta. Harapannya, pemerintah menyiapkan tempat yang aman untuk bermain anaknya.

"Pengen lah. RPTRA disediakan. Jadi kan ada tempat bermain yang positif. Ada perpustakaan, ada playground," ucap Uun.
(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed