DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 14:51 WIB

Penipu Modus Tukar Kartu ATM Ditangkap di Bogor

Farhan - detikNews
Penipu Modus Tukar Kartu ATM Ditangkap di Bogor
Bogor - Polisi menangkap dua pelaku penipuan dengan modus tukar kartu ATM di Bogor. Dua pelaku yang kerap beraksi di Jakarta dan Bogor ini ditangkap saat melakukan aksinya di gerai ATM yang berada di RSUD Kota Bogor, Jalan Dr Semeru, Bogor Barat, Kota Bogor.

"Pelaku berinisial DN dan NS. Kedua pelaku ini ditangkap karena melakukan penipuan melalui kartu ATM. Modusnya itu meminjam kartu ATM calon korbannya dengan pura-pura akan mentransfer sedekah atau hadiah kepada seseorang," kata Kapolresta Bogor Kota AKBP Ulung Sampurna Jaya, Rabu (14/3/2018).

Penipuan dilakukan pelaku ketika mengembalikan kartu ATM kepada korban.

"Jadi sebelumnya pelaku sudah menyiapkan kartu ATM serupa dengan kartu ATM calon korbannya. Kartu ATM itu asli, tapi sudah kedaluwarsa. Kemudian kartu ATM korban ditukar dengan kartu ATM itu (milik pelaku)," terang Ulung.

"Sebelum kartu ATM itu ditukar, pelaku juga sudah mengetahui PIN korban ketika korban dan pelaku berada di dalam ATM untuk mentransfer uang. Tapi kemudian transfer digagalkan karena, misalnya saldo si korban tidak cukup, atau dengan alasan lain," tambah Ulung.

Kedua pelaku, lanjut Ulung, ditangkap setelah korban yang merasa curiga kemudian memeriksa saldo di rekeningnya.

"Ketika korban mau cek saldonya setelah pelaku keluar dari ruangan ATM, baru diketahui kalau kartu ATM-nya itu telah ditukar. Kemudian korban berteriak dan kedua pelaku ditangkap warga," jelas Ulung.

Kepada polisi, kedua pelaku mengaku kerap beraksi di kawasan Jakarta dan Bogor. "Di Jakarta, pelaku mengaku sudah lima kali beraksi. Tapi sementara ini di Bogor pelaku mengaku baru sekali dan langsung tertangkap," jelas Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Didik Purwanto.

Didik menyebut kejahatan dengan modus tukar kartu ATM ini terjadi beberapa kali di Bogor. Namun ia belum bisa memastikan apakah pelaku yang ditangkap kali ini adalah orang yang sama.

"Sebelumnya memang ada laporan dari warga terkait kejahatan semacam ini. Tapi kita masih dalami, apakah ini pelaku yang sama atau bukan. Makanya kami minta agar warga yang pernah mengalami kejadian yang sama mendatangi Polresta Bogor Kota. Kita sinkronkan apakah pelakunya sama dengan pelaku yang kita tangkap kali ini," imbuhnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed