DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 14:01 WIB

Kapolri-Panglima TNI akan Keliling Wilayah Pilkada

Audrey Santoso - detikNews
Kapolri-Panglima TNI akan Keliling Wilayah Pilkada Kapolri RDP di Komisi III DPR, Rabu (14/3/2018) Foto: Audrey Santoso-detikcom
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mengunjungi sejumlah wilayah yang melaksanakan pilkada guna memberikan arahan soal netralitas aparat. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto disebut akan ikut serta.

"Mulai minggu depan, kami bersama dengan Pak Panglima akan berkunjung ke wilayah, mengumpulkan anggota Polri dan TNI di wilayah masing-masing. Kami akan bersama-sama dan setelah itu menyampaikan poin-poin netralitas, di samping soliditas dan kerja sama," kata Tito dalam rapat dengan Komisi III DPR gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018).



Tito bersama Hadi akan memprioritaskan kunjungan ke daerah dengan pilkada yang diikuti calon berstatus purnawirawan. Daerah-daerah itu antara lain Sumatera Utara (Sumut), Kalimantan Timur (Kaltim), Maluku dan Riau.

"Terutama di daerah yang ada calon-calon dengan latar belakang purnawirawan Polri dan TNI. Di antaranya Sumatera Utara kami akan datang, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Maluku. Di mana di situ ada mantan anggota Polri dan TNI sebagai calon," ujar Tito.

Ada 4 jenderal yang berasal dari unsur Polri dan TNI mengikuti kontestasi Pilgub. Mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Edy Rahmayadi maju di Polgub Sumut, seadngkan mantan Dankor Brimob Irjen Murad Ismail maju di Pilgub Maluku.

Selain itu mantan Kapolda Kalimantan Timur Irjen (Purn) Safaruddin mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Timur dan mantan Wakalemdiklat Polri Irjen (Purn) Anton Charliyan maju sebagai cawagub Jabar.




(aud/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed