DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 13:40 WIB

Jaksa Agung 'Colek' Sri Mulyani soal Anggaran Minim

De - detikNews
Jaksa Agung Colek Sri Mulyani soal Anggaran Minim Jaksa Agung M Prasetyo, Menkeu Sri Mulyani dan Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Jaksa Agung M Prasetyo bicara soal anggaran Kejaksaan Agung yang disebut paling kecil dibandingkan lembaga penegak hukum lainnya. Padahal beban penyelesaian perkara disebut cukup banyak.

"Ini bukan curhat Bu Menteri (Menkeu), untuk jajaran hukum, kejaksaan-lah yang paling kecil mendapatkan jatah anggaran," kata Prasetyo dalam sambutannya pada acara penandatanganan kerja sama lelang antara KPK dan Polri di gedung Kemenkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Meski anggaran kecil, Kejaksaan menurut Prasetyo dituntut menyelesaikan perkara korupsi yang cukup banyak. Tapi Prasetyo memastikan kinerja Kejaksaan tidak akan terganggu.



"Tetapi bagaimana pun dalam keterbatasan itu tetap kami akan kerjakan dengan maksimal mungkin demi kelangsungan hidup bangsa," sambungnya.

Pernyataan Prasetyo ini ditanggapi langsung Menkeu Sri Mulyani. Menkeu berjanji akan memperhatikan langsung proses anggaran kerja untuk lembaga penegak hukum agar lebih adil.

"Tadi pada awal Pak Jaksa Agung tetap menyindir saya bahwa anggaran di Kejaksaan Agung tidak meningkat, nanti akan saya perhatikan secara langsung," kata Sri Mulyani dalam sambutannya.

Sri Mulyani mengakui adanya anggapan kinerja KPK, Polri dan Kejaksaan dibanding-bandingkan. Namun, anggaran menurutnya akan diberikan sesuai dengan kinerja masing-masing lembaga.

"Tentu ini kerjanya adalah untuk memberikan suatu reward sesuai fungsi strategis masing-masing institusi. Karena yang sering dapatkan argumen yang cukup valid adalah kepolisian dan kejaksaan membandingkannya dengan KPK. Jadi, dalam hal ini sama-sama penegakan hukum, namun sama-memiliki keinginan untuk menciptakan indonesia yang baik, tentunya harus ada suatu komparasi yang disebut lebih adil," kata Sri Mulyani.



(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed