DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 11:06 WIB

Dear Mega-Zulkifli, Membahas Pancasila Kok Tertutup?

Tsarina Maharani - detikNews
Dear Mega-Zulkifli, Membahas Pancasila Kok Tertutup? Foto: Tsarina Maharani/detikcom
Jakarta -

Pagi ini jajaran pengurus Unit Kerja Presiden Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menggelar pertemuan bersama pimpinan MPR. Namun kenapa pertemuan dua lembaga yang membidangi Pancasila ini digelar tertutup?

UKP-PIP mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dalam kaitan Pancasila, MPR selama ini berperan mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. Namun kenapa pertemuan antar dua lembaga membahas Pancasila ini digelar tertutup?

Pertemuan tersebut diselenggarakan di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018). Ketua UKP-PIP Megawati Soekarnoputri hadir langsung ditemani beberapa anggota Dewan Pengarah seperti Mahfud MD dan Try Sutrisno.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menghadiri pertemuan didampingi Wakil Ketua MPR EE Mangindaan. Sebenarnya awalnya pertemuan digelar terbuka untuk sesi foto dan kata pengantar yang disampaikan oleh Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan.

"Ibu Megawati yang terhormat, terima kasih atas kehadirannya bersama Pak Try Sutrisno dan jajaran hadir mengunjungi MPR," ucap Ketum PAN itu.


Zulkifli lantas sedikit membocorkan bahasan pertemuan itu. "Ada masukan dari publik sebagian meminta kembali ke UUD 1945 yang asli, sementara yang lain tetap," imbuhnya.

Lantas kenapa kemudian pertemuan itu digelar tertutup? Apakah ada pembicaraan soal politik praktis jelang Pilpres 2019 di pertemuan yang dihadiri dua ketum parpol itu?



(van/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed