DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 09:29 WIB

Tank dan Kapal TNI Tenggelam, Kelaikan Alutsista Disorot

Tsarina Maharani - detikNews
Tank dan Kapal TNI Tenggelam, Kelaikan Alutsista Disorot Kapal Motor Cepat milik Kodam Jaya tenggelam di Kep Seribu. (Foto: Dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Jakarta - Dua alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI yaitu tank dan kapal motor cepat tenggelam dalam waktu berdekatan. Pimpinan DPR mempertanyakan dan menyoroti kelaikan alutsista.

"Terjadinya kecelakaan yang melibatkan dua alutsista TNI dalam waktu kurang dari sepekan, tentu menjadi pertanyaan bagi kita semua. Bagaimana kelaikan alutsista TNI kita? Lalu, bagaimana jika menghadapi perang sesungguhnya," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan kepada wartawan, Rabu (14/3/2018).


Secara rinci, tank dan kapal motor cepat atau speedboat tenggelam di lokasi berbeda. Tank TNI AD tenggelam di Sungai Bogowonto, Purworejo, saat membawa sejumlah siswa PAUD dan TK.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. (Dok. DPR)

Sedangkan speedboat milik Kodam Jaya tenggelam di Kepulauan Seribu, Senin (12/3). Kapal tersebut membawa personel Kodam Jaya. Karena itu, Taufik meminta TNI untuk melakukan evaluasi terhadap kecelakaan itu. Termasuk perlunya uji kelayakan terhadap seluruh alutsista.


"Selain itu, harus diselidiki apakah ada unsur kelalaian atau human error dalam kecelakaan itu," ucap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.


Terkait dua kecelakaan ini, Komisi Pertahanan atau Komisi I DPR akan memanggil Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada hari Senin (19/3). Marsekal Hadi pun siap memenuhi panggilan tersebut.

"Kami akan siapkan, kami sampaikan. Kalau sudah ada hasilnya ya kami sampaikan hasilnya. Kalau belum, kami akan sampaikan bahwa masih dalam proses investigasi. Nanti kan di sana ada Menhan, Panglima TNI didampingi kepala staf," ujar Marsekal Hadi di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pagi ini.

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dkp)
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed