DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 09:23 WIB

Ganjil Genap, Naik Royaltrans Bekasi-Blok M Nyaris 2 Jam

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Ganjil Genap, Naik Royaltrans Bekasi-Blok M Nyaris 2 Jam Foto: Penumpang menikmati layanan Royaltrans saat penerapan ganjil genap di Tol Bekasi. (Aan-detikcom)
Bekasi - Waktu menunjukkan pukul 05.50 WIB, beberapa penumpang telah naik ke dalam bus Royaltrans jurusan Bekasi Barat menuju Blok M. Bus ini menjadi salah satu transportasi pilihan saat penerapan kebijakan ganjil genap di Tol Bekasi.

Pantauan detikcom Rabu (14/3/2018), Bus Royaltrans melayani tujuan Bekasi-Blok M dan Bekasi-Kuningan. Masing-masing rute disiapkan 4 armada bus.

Bus Royaltrans rute Bekasi Barat-Blok M.Bus Royaltrans rute Bekasi Barat-Blok M. Foto: Bus Royaltrans (Aan-detikcom)
Bus mulai diberangkatkan dari Sumarecon Bekasi Barat menuju Blok M sekira pukul 06.00 WIB. Bus juga mampir untuk mengambil penumpang di tempat keberangkatan di Mega City Bekasi dan halte-halte bus sebelum masuk pintu Tol Bekasi Barat. Kursi-kursi penumpang masih banyak yang kosong. Dari 25 kursi, hanya 10 kursi yang terisi.


Bus Royaltrans ini disiapkan bagi warga Bekasi khususnya, warga perumahan yang ingin beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum saat aturan ganjil genap di Tol Bekasi yang diberlakukan mulai Senin 12 Maret 2018.

Kebijakan ganjil genal ini berlaku untuk kendaraan dari Bekasi menuju Jakarta mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Hari ini, kendaraan dengan nomer pelat genap yang dapat masuk ke dalam ruas tol melalui gerbang tol Bekasi Barat dan Timur.

Bagi penumpang yang naik bus Royaltrans ini dikenai tarif Rp 20.000. Tarifnya memang lebih mahal dari bus Transjakarta reguler yang hanya Rp 3.500.Penumpang tidak perlu melakukan tap kartu melainkan ditarik bayaran oleh kondektur bus dan diberi tiket di atas bus.


Meski bus warna ungu dan silver ini bertarif mahal, namun penumpang dapat merasakan fasilitas lebih. Bus full AC dan dilengkapi televisi 19 inchi dan radio. Kursi bus yang nyaman berbusa dan berjok kulit warna merah hati dan krem. Di tiap kursi, ada USB Port untuk pengisian baterai ponsel. Tidak hanya itu, bus ini dilengkapi Wifi dan CCTV.

Fasilitas bus bertarif Rp 20 ribu ini cukup 'wah'.Fasilitas bus bertarif Rp 20 ribu ini cukup 'wah'. Foto: Fasilitas di Bus Royaltrans (Aan-detikcom)

"Fasilitas ini masih terus dilengkapi seperti pemasangan Wifi kami masih menunggu izin dari Pemprov DKI Jakarta. Televisi juga telah dipasang namun belum bisa menampilkan tayangan. Penumpang juga meningkat. Pada hari pertama ganjil genap, total penumpang ada 18 orang dan hari kedua menjadi 80 orang penumpang," kata Koordinator TransJakarta Bekasi, Januar Ridwan.


Bus Royaltrans terus melaju hingga akhirnya masuk ke Tol Bekasi Barat. Beberapa Beberapa polisi dan petugas Dishub mengatur dan mengawasi kendaraan yang akan masuk pintu Tol Bekasi Barat.

Kepadatan arus kendaraan terpantau di dalam Tol Bekasi, tepatnya di daerah Cikunir dan Jatiwaringin. Kendaraan lalu tersendat saat menuju pintu keluar Tol Halim.

Memasuki tol dalam kota, kendaraan sangat padat di Cawang dan menuju Pancoran. Selanjutnya Bus Royaltrans ini keluar di Tol Semanggi dan mengaspal di jalur reguler.

Bus Royaltrans mulai menurunkan penumpang di halte-halte TransJakarta. Hingga akhirnya sampailah ke pemberhentian terakhir di Terminal Blok M sekitar pukul 07.50 WIB.

"Waktu tempuh tergantung kepadatan lalu lintas, kadang 1 jam 45 menit bahkan kadang 1 jam 55 menit," ujar kondektur bus.
(aan/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed