DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 02:23 WIB

Menlu Retno Nyinden dan Main Gamelan Saat Kunjungan ke Moskow

Novi Christiastuti - detikNews
Menlu Retno Nyinden dan Main Gamelan Saat Kunjungan ke Moskow Foto: Menlu Retno main gamelan dan nyinden (dok KBRI Moskow)
Jakarta - Menlu Retno LP Marsudi melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow, Rusia. Dalam kunjungannya, Menlu Retno menyempatkan diri menjalani latihan gamelan dan menyinden bersama warga Rusia.

Dalam siaran pers KBRI Moskow kepada detikcom, Menlu melakukan latihan bersama para pemain gamelan tim 'Dadali Gamelan' KBRI Moskow di KBRI Moskow, Senin (12/3/2018). Menlu Retno ikut nyinden lagu 'Selendang Biru', 'Eling-eling Banyumasan', dan 'Gugur Gunung' dalam bahasa Jawa.

Menlu nyinden bersama Yulia Ryzhaya, yang juga warga Rusia. Meskipun tidak tahu bahasa Jawa, Yulia mahir dalam menyinden dam membuat Menlu Retno terkagum-kagum.



Personel Dadali Gamelan sebagian besar adalah warga Rusia yang menggandrungi budaya Indonesia. Di antara mereka, ada yang pernah dan belum pernah ke Indonesia. Selain meninjau latihan gamelan, Menlu RI bertemu dengan warga Rusia yang mengikuti kursus bahasa Indonesia di KBRI Moskow.

Menlu RI memberikan apresiasi tinggi kepada para warga Rusia yang mendalami budaya Indonesia, termasuk belajar bahasa Indonesia dan berlatih gamelan di KBRI Moskow. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk lebih mendekatkan hubungan masyarakat kedua bangsa.


Menlu Retno Ajak Muslim di Rusia Sebarkan Nilai Toleransi


Menlu RI Retno Marsudi juga mengajak muslim di Rusia sama-sama menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi. Menurutnya, nilai perdamaian di dunia sangat dibutuhkan saat ini.

Hal itu ia sampaikan dalam kunjungan ke Masjid Agung Moskow dan bertemu dengan Wakil Ketua Mejelis Muslim Federasi Rusia Damir Gizatullin di Masjid Agung Moskow.


Menlu Retno saat kunjungan di MoskowMenlu Retno saat kunjungan di Moskow. (dok KBRI Moskow)


"Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar dunia dan umat muslim di Rusia juga cukup banyak. Oleh karena itu, akan baik apabila hubungan bisa ditingkatkan dan sama-sama menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi yang saat ini dibutuhkan," kata Menlu Retno.

Menlu RI berada di Moskow pada 12-13 Maret 2018 dalam rangka kunjungan bilateral. Menlu RI bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov pada 13 Maret 2018 untuk membahas peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan isu-isu regional serta global yang menjadi perhatian bersama.
  • Menlu Retno Nyinden dan Main Gamelan Saat Kunjungan ke Moskow
    Foto: Menlu Retno main gamelan dan nyinden (dok KBRI Moskow)
  • Menlu Retno Nyinden dan Main Gamelan Saat Kunjungan ke Moskow
    Menlu Retno main gamelan dan nyinden. (Foto: dok KBRI Moskow)

(nvc/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed