DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 20:32 WIB

Polisi Cokok Trio Penadah Mobil Curian Jakarta Selatan

Mei Amelia R - detikNews
Polisi Cokok Trio Penadah Mobil Curian Jakarta Selatan Penadah mobil curian dari Indramayu yang beraksi di Jakarta Selatan. (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta - Polisi menangkap komplotan penadah mobil curian asal Indramayu, Jawa Barat. Lokasi pencurian mobil terbanyak yang jadi medan kriminal jaringan ini berada di wilayah Jakarta Selatan.

"Pengakuan para tersangka telah melakukan pencurian mobil di 27 TKP, terbanyak di Jakarta Selatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya kepada detikcom, Selasa (13/3/2018).

Komplotan penadah mobil itu dicokok oleh Sub-Direktorat Pencurian Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum (Subdit Ranmor Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. Polisi menangkap tiga orang dalam kasus ini. Mereka adalah RH alias Delot (32) berperan sebagai kapten pencurian, HS (48) sebagai penadah, serta UT sebagai penadah.

"UT ini terpidana kasus yang sama dan saat ini masih menjalani hukuman di LP Tangerang. Dia ini penadah, perantara, sekaligus pengendali," tuturnya.

Kelompok RH bekerja sama dengan kelompok UT. Kelompok RH mencuri mobil yang diparkir di pinggir jalan, dengan jalan memutus kabel yang tersambung ke accu untuk mematikan alarm.

Kemudian mereka menjebol lubang kunci mobil dengan menggunakan bor listrik. Setelah itu, pelaku membawa kabur mobil milik korban.

"Mereka tidak sampai menitan melakukan aksinya itu," imbuhnya.

Hasil pencurian tersangka RH ini kemudian dijual kepada tersangka UT dkk. "Mobil dijual ke penadah berkisar antara Rp 15-20 juta," cetusnya.
(mei/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed