DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 18:29 WIB

Menhub Kaji Penerapan Ganjil-Genap di Tol Tangerang

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Menhub Kaji Penerapan Ganjil-Genap di Tol Tangerang Ilustrasi penerapan aturan ganjil-genap di Jalan Tol Bekasi. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Penerapan aturan sistem ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat-Bekasi Timur tengah diuji coba. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut penerapan sistem serupa bisa saja dilakukan di jalan tol lain, seperti Jalan Tol Tangerang.

"Intinya, mungkin ya kalau lihat shape-nya, dari bentuk jalan dan kota, Tangerang yang paling mungkin diberlakukan seperti apa yang dilakukan di Bekasi," ucap Budi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).


"Kalau Depok dan Bogor tidak mungkin," imbuh Budi.

Meski demikian, Budi menyebut penerapan sistem itu di Jalan Tol Tangerang masih sebatas wacana. Namun, menurutnya, memang kondisi di Tangerang paling memungkinkan untuk penerapan sistem itu.


"Kalau melihat shape-nya ya, di mana ada Kota Tangerang itu menginterupsi lalu lintas dari arah barat. Kemungkinan Tangerang yang bisa dilakukan," sebut Budi.

Penerapan sistem ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat-Bekasi Timur mulai diuji coba pada Senin (12/3) kemarin. Ada 3 aturan baru yang berlaku, salah satunya pengaturan kendaraan pribadi melalui skema ganjil-genap, yakni dari Senin hingga Jumat pada pukul 06.00-09.00 WIB, kecuali hari libur nasional.
(gbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed