DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 16:30 WIB

TNI Periksa Awak Kapal yang Tenggelam di Kepulauan Seribu

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
TNI Periksa Awak Kapal yang Tenggelam di Kepulauan Seribu Kapal tenggelam di Kepulauan Seribu Foto: Dok. Istimewa
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Jakarta - Kapal motor cepat (KMC) AD-16-05 milik Kodam Jaya tenggelam di Kepulauan Seribu. Pihak TNI menyelidiki penyebab tenggelamnya kapal seharga Rp 12 miliar itu dengan memeriksa awak kapal.

"Sebentar ini kita investigasi ada awak kapalnya ditanyai dulu kenapa-kenapanya. Karena kan mereka lah yang lebih tahu tentang peralatan yang mereka awaki. Jadi, hari ini pemanggilan terhadap awak kapal tersebut untuk ditanyai tentang bagaimana runtutan kejadian kemarin," kata Kapendam Jaya Letkol Inf Kristomei Sianturi saat dihubungi wartawan, Selasa (13/3/2018).

Letkol Kris menjelaskan, hingga saat ini kapal yang tenggelam di Kepulauan Seribu itu belum diangkat ke darat. Tim masih melakukan investasi di lapangan.


"Bagaimana nanti keputusannya kita serahkan kepada tim investigasi," ucapnya saat ditanya soal proses evakuasi kapal yang tenggelam.

Posisi kapal KMC AD-16-05 saat ini masih berada di lokasi yang sama di sekitar Kepulauan Seribu. Namun kedalaman kapal yang tenggelam belum diketahui. Apalagi, tim investigasi sempat dihadang ombak besar.

Menurut Letkol Kris, pihaknya masih akan menggali keterangan dari para awak kapal. Setelahnya, pemeriksaan juga akan dilakukan kepada para penumpang kapal.


"Kita ambil keterangannya, kok bisa sampai terjadi hal itu, bagaimana prosesnya, apakah semua prosedur sudah dilaksanakan, kan nanti invetigasi yang akan menanyai lebih lanjut," ujarnya.

Letkol Kris menambahkan, ada 3 orang awak kapal di KMC AD-16-05 yang tenggelam tersebut. Dia menegaskan, kapal itu dalam kondisi laik jalan.

Kapal KMC AD-16-05 menurutnya juga rutin dilakukan pemeriksaan. Sebelum tenggelam, kapal tersebut sempat berlayar selama 4 jam sebelum akhirnya mesin kapal mati.

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/hri)
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed