detikNews
Selasa 13 Maret 2018, 14:22 WIB

8 Pohon dari Sudirman Sudah Ditanam di Taman Kalijodo

Eva Safitri - detikNews
8 Pohon dari Sudirman Sudah Ditanam di Taman Kalijodo Penampakan pohon yang dipindah ke RTH Kalijodo (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Setelah di Taman BMW, kini Taman Kalijodo menjadi 'rumah baru' pohon-pohon dari Sudirman. Sebanyak 8 pohon sudah tertanam di RTH Kalijodo.

Pantauan detikcom Selasa (13/3/2018), pukul 13.00 WIB, terlihat 8 pohon mahoni sudah tertanam di RTH Kalijodo, Jakarta Utara. Pohon-pohon ini dipindahkan di area resting 1.

Tidak terlihat petugas tanaman yang menanam pohon di lokasi. Menurut salah satu petugas keamanan RTH Kalijodo, Imam Julianto para petugas melakukan penanaman pohon pada malam hari.

"Ngerjainnya (penanaman pohon) malam, pokoknya saya masuk pagi hari ini sudah ada," ujarnya di lokasi.
Penampakan pohon yang ditanam di RTH KalijodoPenampakan pohon yang ditanam di RTH Kalijodo Foto: Eva Safitri/detikcom

Sementara itu staf pelaksana Jaya Konstruksi, Farif Pujiyono mengatakan penanaman pohon di RTH Kalijodo dimulai pada Senin (12/3) malam. Menurutnya, waktu pengerjaan dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu aktivitas pengunjung.

"Semalem mulai tanam di Kalijodo, nanti malam lanjut lagi pukul 21.00 WIB. (Dilakukan malam hari) supaya tidak mengganggu pengunjung taman Kalijodo," ujarnya ketika dihubungi detikcom.


Farif menyebut rencananya ada 18 pohon yang akan di tanam di Taman Kalijodo. Tidak menutup kemungkinkan jumlah pohon ini bisa bertambah masih lahan yang tersedia masih memenuhi.

"Sementara 18 pohon di taman Kalijodo, mungkin nanti bisa lebih kalau ada tempat," jelasnya.
Penampakan pohon yang ditanam di RTH KalijodoPenampakan pohon yang ditanam di RTH Kalijodo Foto: Eva Safitri/detikcom

Setelah Taman BMW dan RTH Kalijodo, Farif mengaku belum tahu di mana tempat relokasi selanjutnya. "Untuk sementara yang saya tahu di dua tempat dulu," tutupnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Kehutanan Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Jaja Suarja menjelaskan pemindahan pohon itu masuk dalam rangka penataan Sudirman-Thamrin. Ada perubahan jalur kendaraan di kawasan tersebut sehingga 541 pohon harus dipindah ke RPTRA dan Taman di Jakarta.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed