Bikin Kaget! Ular Sanca 4 Meter Muncul di Kali Pesanggrahan

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 13 Mar 2018 13:46 WIB
Foto: Ular sanca ditangkap di Kali Pesanggrahan (dok UPK Badan Air DLH)
Jakarta - Ular sanca sepanjang 4 meter ditangkap di wilayah Kali Pesanggrahan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ular ini muncul saat kali sedang dibersihkan.

Pagi tadi seperti biasa petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sedang membersihkan Kali Pesanggrahan. Tiba-tiba, ular sanca tersebut melintas di air.

"Itu awalnya kita lagi bersihin kolong jembatan Metro TV. Nah tahu-tahu ada ular gede. Kita semua kaget, langsung pada lari ke pinggir," kata petugas UPK Badan Air, Ahyarudin, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Selasa (13/3/2018).


Ahyarudin menyebut, dirinya dan rekannya tidak berani menangkap ular tersebut di air karena gerakannya sangat cepat. Ular tersebut kemudian dipukul dengan bambu hingga mati karena sempat hendak menyerang.

"Sama temen ularnya dipukul pakai bambu kepalanya. Diangkat bertiga, ternyata sudah mati," ujarnya.

Menurut Ahyarudin, ular sanca tersebut berukuran cukup besar. Panjangnya sekitar 4 meter dan beratnya sekitar 8 kilogram. Warga sempat ramai di lokasi melihat ular tersebut.


Petugas UPK Badan Air kemudian membawa ular itu agar tidak jadi tontonan warga dan bikin macet jalan. Ahyarudin berharap semoga tidak ada ular besar lagi di lokasi yang bisa membahayakan dirinya dan rekan-rekannya saat sedang membersihkan sampah di aliran sungai. (hri/imk)