DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 12:59 WIB

Bukan Urus Cawapres Jokowi, Ini Tugas Mensesneg

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Bukan Urus Cawapres Jokowi, Ini Tugas Mensesneg Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Saat ditanya soal seleksi cawapres Jokowi, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut itu urusan Mensesneg Pratikno. Sebenarnya apa tugas utama Mensesneg?

Kedudukan, tugas, dan fungsi Kementerian Sekretariat Negara diatur di Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2015. Ditelaah detikcom pada Selasa (13/3/2018),
Pasal 1 Peraturan Presiden ini mengatur Kementerian Sekretariat Negara berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden (ayat 1). Di ayat 2 diatur Kementerian Sekretariat Negara dipimpin oleh Menteri.

Pasal 2 mengatur tugas Kementerian Sekretariat Negara sebagai berikut:

"Kementerian Sekretariat Negara mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara"


Nah di pasal 3 diatur dalam melaksanakan ugas sebagai mana dimaksud dalam pasal 2, Kementerian Sekretariat Negara menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

Bukan Urus Cawapres Jokowi, Ini Tugas MensesnegFoto: Dok. Setneg.go.id
Bukan Urus Cawapres Jokowi, Ini Tugas MensesnegFoto: Dok. Setneg.go.id
Bukan Urus Cawapres Jokowi, Ini Tugas MensesnegFoto: Dok. Setneg.go.id



Sebelumnya diberitakan
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang mengaku tak tahu menahu soal seleksi cawapres Jokowi menyebut hal itu menjadi urusan Mensesneg.

"Manalah. Itu urusan Pak Mensesneg (Pratikno). Saya kan ndak urusi begitu-begitu," ujar Luhut di kompleks istana kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).


Namun demikian Mensesneg Pratikno langsung membantah adanya pembentukan tim internal dari dalam Istana. Mantan Rektor UGM ini mengakui ada pembahasan soal kriteria cawapres Jokowi, namun secara informal tidak dilembagakan menjadi tim.

"Ini bukan tim segala macam segitu. Telaah saja. Ini bukan tim segala macam segitu. Itu malah teman-teman di luar itu yang banyak saya dengar-dengar. Katanya ada studi segala macam. Saya dengar itu," kata Pratikno saat dikonfirmasi terpisah.


(van/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed