DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 12:55 WIB

Dikira Anak Harimau, Kucing Emas 3 Kali Lebih Besar dari Kucing Biasa

Agus Setyadi - detikNews
Dikira Anak Harimau, Kucing Emas 3 Kali Lebih Besar dari Kucing Biasa
Aceh - Warga Desa Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Aceh heboh setelah melihat seekor kucing emas masuk ke rumah. Satwa ini punya ukuran 3 kali lebih besar dibanding kucing biasa. Populasinya pun kini terancam punah.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo, mengatakan, kucing emas yang masuk ke rumah warga berukuran tinggi 40 sentimeter dan panjang 80 sentimeter. Penyebaran satwa dengan nama ilmiahnya Pardofelis temminckii ini yaitu di semenanjung Asia dan Sumatera.

"Secara genetis kucing emas beda dengan kucing biasa. Panjang (kucing emas) dewasa tidak termasuk ekor bisa mencapai satu meter lebih. Artinya sekitar tiga kali lebih besar dari kucing peliharaan," kata Sapto saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (13/3/2018).

Menurut Sapto, kucing ini juga dapat menyerang jika sedang dalam posisi terancam. Berdasarkan statusnya, populasi kucing emas saat ini dalam kondisi hampir terancam.

"Kucing emas ini termasuk satwa dilindungi," jelas Sapto.

Kucing emas di Aceh Barat diketahui masuk ke rumah warga pada Senin (12/3) kemarin. Warga setempat sempat heboh karena mengira hewan tersebut adalah anak harimau. Petugas BKSDA turun tangan dan berupaya mengevakuasi sejak sore namun baru berhasil pada malam hari.

"Tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB, dua staf kita yang ke lokasi termasuk pawang harimau BKSDA Aceh. Sekarang posisi sudah di kantor Resort KSDA Meulaboh. Rencana akan kita lepasliarkan di habitatnya," ungkap Sapto.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed