DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 12:30 WIB

Tank-Kapal TNI Kecelakaan, Wiranto: Perlu Modernisasi Alutsista

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Tank-Kapal TNI Kecelakaan, Wiranto: Perlu Modernisasi Alutsista Menko Polhukam Wiranto Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengomentari kasus kecelakaan tank dan kapal TNI dalam waktu berdekatan. Dia menyebut, perlu modernisasi alutsista TNI.

"Alutsista ini kan bagian dari modernisasi angkatan bersenjata kita. Sejak saya panglima dulu, semangat untuk modernisasi itu ada dan harus dilaksanakan," kata Wiranto di hotel Millenium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Wiranto mengatakan, kekuatan suatu negara ditandai dengan modernisasi, termasuk alutsista. Namun menurutnya, modernisasi alutsista ini membutuhkan biaya yang besar. Jika pemerintah hanya fokus di modernisasi alutsista, pembangunan di bidang lain bisa terganggu.


Karena itu, lanjut Wiranto, Presiden Jokowi terus mengambil langkah-langkah strategis untuk bisa terus melakukan modernisasi, di samping tidak menganggu pembangunan yang lebih luas.

"Misalnya pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi nasional, pembangunan kelayakan tersedianya tenaga listrik yang memadai, itu semua kan butuh satu kebijakan-kebijakan. Tapi untuk modernisasi alutsista tetap menjadi bagian tujuan negara untuk dilakukan," ucapnya.


"Jadi nggak usah diributkan, nggak usah dipermasalahkan. Arah itu (modernisasi alutsista-red) ada, cuma tentu dipertimbangkan dengan kepentingan-kepentingan lain di negeri ini," sambungnya.

Wiranto menambahkan, APBN Indonesia masih terbatas untuk memenuhi kebutuhan modernisasi alutsista. Meski demikian, dia menegaskan pemerintah juga terus memikirkan langkah-langkah melakukan modernisasi alutsista.
(hri/fdn)
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed