DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 19:23 WIB

Kodam Jaya Bantah Kapal yang Tenggelam Kelebihan Muatan

Herianto Batubara, Elza Astari Retaduari - detikNews
Kodam Jaya Bantah Kapal yang Tenggelam Kelebihan Muatan Kapal Kodam Jaya tenggelam di Kepulauan Seribu (Foto: dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Jakarta - Satu dari dua unit kapal motor cepat (KMC) milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu. Pihak Kodam Jaya membantah kapal ini kelebihan muatan.

Kapendam Jaya Letkol Inf Kristomei Sianturi menjelaskan, pagi tadi ada 115 personel Kodam Jaya yang berangkat ke Kepulauan Seribu dalam rangka bakti sosial. Ada dua kapal yang digunakan, yakni KMC AD-04-15 dan KMC AD-16-05.

Di tengah jalan, kapal KMC AD-16-05 mengalami mati mesin. Kapal ini kemudian tenggelam karena dihajar ombak. Kapal KMC AD-04-15 kemudian merapat ke kapal KMC AD-16-05 untuk melakukan evakuasi.


"Itu kapal tenggelam dihajar ombak karena ombak hari ini memang tinggi," ujar Letkol Kris.

Letkol Kris menyatakan ada 115 personel Kodam Jaya yang ikut di dalam rombongan tersebut. Namun dia belum bisa memerinci ada berapa orang dalam tiap kapal tersebut.

"Kalau itu saya cek dulu. Setahu saya, 115 orang seluruhnya, apakah itu dua-duanya atau satu. Sebanyak 115 itu seluruh personel yang berangkat ke sana," ujarnya.

Ada informasi yang beredar bahwa kapal tersebut kelebihan muatan. Disebut ada 65 orang di dalam kapal yang tenggelam tersebut. Namun, saat hal itu dimintakan konfirmasi, Letkol Kris membantahnya.


"Nggak (kelebihan muatan)," ujarnya.

Catatan detikcom, kapal yang dinamai KMC Komando ini diresmikan Jenderal Budiman (Kepala Staf TNI Angkatan Darat saat itu) pada 29 April 2014. Kapal ini per unitnya seharga Rp 12 miliar.

KMC Komando disebut dapat dioperasikan di daerah rawa, laut, sungai, dan pantai. Kapal ini mampu melakukan pendaratan pasukan di pantai dan mampu berlayar terus-menerus sejauh 250 NM. Kapal ini disebut berkapasitas 31 orang penumpang dengan tiga anak buah kapal.
(hri/imk)
FOKUS BERITA: Kapal TNI Tenggelam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed