DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 18:11 WIB

PAN: Poros Ketiga Itu Berat

Tsarina Maharani - detikNews
PAN: Poros Ketiga Itu Berat Yandri Susanto (Mochamad Solehudin/detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut pembentukan poros ketiga di Pilpres 2019 nyaris mustahil terjadi. Sebab, saat ini parpol-parpol yang belum mendeklarasikan diri dinilai sudah memiliki kecenderungan ke poros tertentu.

"Poros ketiga itu berat. Satu saja lari ke Jokowi, nggak ada lagi poros ketiga. Cuma ada dua," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/3/2018).



Ia berharap setidaknya Pilpres 2019 bisa diikuti dua calon. Karena itu, PAN pun siap jika sang ketum, Zulkifli Hasan, diminta maju sebagai cawapres Prabowo Subianto.

"Sebaiknya sih tidak calon tunggal. Makanya, kalau besok Prabowo maju dan Bang Zul wakilnya, PAN siap aja. Kita deklarasikan," sebutnya.

Namun Yandri menegaskan soal koalisi dengan Gerindra itu adalah harapannya secara pribadi. Menurutnya, Zulkifli cocok mendampingi Prabowo.

"Ini mah saya saja ngomong. Belum dibicarakan juga. Tapi kalau PAN dan Gerindra kan lebih dari cukup 20 persen. Kalau mereka berdua maju bagus juga, Prabowo-ZH," ujar anggota Komisi II DPR itu.



Dalam kesempatan berbeda, Zulkifli menyatakan hal serupa. Ia menilai pembentukan poros ketiga di Pilpres 2019 adalah sebuah keajaiban.

"Secara rasional dua poros. Kalau poros ketiga itu keajaiban baru bisa terjadi," kata Zulkifli.

[Gambas:Video 20detik]


Wacana poros ketiga muncul dari Presiden PKS Sohibul Iman. Ia mendorong Partai Demokrat bersama PAN dan PKB membentuk poros baru di Pilpres 2019. Alasannya agar kontestasi pilpres bisa diikuti calon alternatif di luar Presiden Joko Widodo dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Isu ini pun kian kuat setelah elite PD-PAN-PKB diketahui melakukan pertemuan di Mal Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (8/3). Ketiga partai disinyalir membahas poros baru. Namun Zulkifli menyebut kemungkinan pembentukan poros ketiga itu sulit dilakukan.
(tsa/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed