detikNews
Senin 12 Maret 2018, 15:02 WIB

Didukung Fahri Hamzah Jadi Presiden PKS, Ini Kata Jazuli Juwaini

Elza Astari Retaduari - detikNews
Didukung Fahri Hamzah Jadi Presiden PKS, Ini Kata Jazuli Juwaini Foto: Jazuli Juwaini. (Dok. Istimewa).
Jakarta - Fahri Hamzah menyebut Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini lebih pantas jadi Presiden PKS dibandingkan Sohibul Iman. Jazuli pun menolak halus usulan tersebut.

"Itu bisa-bisanya Pak Fahri saja bicara begitu. Tentu, saya tidak bisa mengendalikan dan mengontrol apa yang diucapkan Pak Fahri. Tapi, ya kita tahu ini backgroundnya konflik Pak Fahri dengan PKS," ujar Jazuli kepada wartawan, Senin (12/3/2018).

Jazuli menyatakan PKS punya aturan dan mekanisme yang baku dalam menentukan Presiden PKS. Menurutnya, itu yang harus ditaati sebagai bentuk disiplin organisasi.


"Kalau posisi saya kan jelas, saya Ketua Fraksi perpanjangan tangan PKS di DPR dan tentu saja menjalankan apa keputusan Majelis Syuro dan DPP PKS. Dalam hubungannya dengan Pak Fahri, fraksi tunduk pada keputusan DPP," jelas Jazuli.

Soal dibuat berhadap-hadapan dengan PKS atas usulan jadi Presiden PKS, Jazuli menilai pernyataan Fahri adalah sepihak. Dia mengaku tak ada hubungannya dengan pernyataan Fahri itu.

Didukung Fahri Hamzah Jadi Presiden PKS, Ini Kata Jazuli JuwainiFoto: Fahri Hamzah. (Gibran Maulana/detikcom).
Anggota Komisi I DPR itu tampak menolak secara halus untuk menjadi Presiden PKS. Jazuli merasa jabatan Presiden PKS terlalu berat.

"Jangankan sebagai Presiden PKS, jadi caleg aja kalau diizinkan saya sudah minta agar tidak usah di-calegkan. Apa lagi jabatan Presiden, itu terlalu berat buat saya," tuturnya.


"Lagipula, PKS punya mekanisme dan aturan yang baku dalam menentukan Presiden PKS. Jadi, tidak bisa sembarangan hanya karena statemen seseorang. Disiplin organisasi itu yang kita jaga dan taati," imbuh Jazuli.

Sebelumnya diberitakan, Fahri Hamzah mengusulkan agar Presiden PKS Sohibul Iman digantikan oleh Jazuli. Ini menyusul perseteruan Fahri dengan Sohibul yang merupakan dampak pemecatan Fadli dari PKS.

"Ya bagus dia (Sohibul) mengundurkan diri, nanti ada orang baru yang lebih segar dan ngerti persoalan. Saya mengusulkan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini jadi Presiden PKS, lebih oke. Saya lihat orangnya lebih humanis," ungkap Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/3).
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed