DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 14:18 WIB

UGM Soal Etika Komunikasi dan Larangan Singkatan 'Ass': Itu Imbauan

Fajar Pratama - detikNews
UGM Soal Etika Komunikasi dan Larangan Singkatan Ass: Itu Imbauan Foto: Banner etika mahasiswa kontak dosen di UGM
Jakarta - Di UGM, terpasang banner mengenai etika komunikasi mahasiswa kepada dosen menggunakan aplikasi percakapan. Termasuk di dalamnya ada larangan menyingkat kata-kata tertentu. UGM menyatakan banner tersebut hanya berupa imbauan.

"Itu hanya imbauan. Kan lebih baik pakai Asssalamuakaikum lengkap daripada singkatan 'ass' misalnya. Tapi ya itu, itu cuma imbauan. Masih ada mahasiswa saya yang menggunakan 'ass' juga tidak ada hukuman tentunya," ujar Kabag Humas UGM Iva Ariani ketika dikonfirmasi, Senin (12/3/2018).



Apa dasar pembuatan etika dalam banner yang kemudian viral di media sosial tersebut? Iva mengatakan poin-poin dalam aturan itu hanya merupakan aturan umum yang sudah disosialisasikan di Pelatihan Pembelajaran Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB).

"Di dalam PPSMB itu disosialisasikan ketentuan-ketentuan umum, seperti larangan sandal jepit dan lain sebagainya. Dari situ ada yang kemudian membuat banner salah satunya yang di Fakultas Teknik itu," ujar Iva.



Iva menyatakan tidak ada persoalan khusus yang memicu dipasangnya banner tersebut. Murni karena sosialisasi aturan yang sifatnya umum.

"Tidak ada kasus tertentu. Misal kayak untuk larangan sandal jepit itu kan nggak harus ada kasus begitu dulu, lalu dibikin bannernya," ujar Iva.

"Soal kata-kata permisi atau minta maaf, ttu hanya sopan santun yang sifatnya imbauan," sambung Iva.



(fjp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed