DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 11:07 WIB

Imam Besar Istiqlal: Hoax Mengaburkan Hati Nurani

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Imam Besar Istiqlal: Hoax Mengaburkan Hati Nurani Foto: Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar (dok. detikcom)
Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar mengajak masyarakat untuk memerangi berita palsu atau hoax. Nasaruddin menyebut hoax akan mengaburkan hatu nurani manusia.

Hal ini disampaikan Nasaruddin melalui video singkat berdurasi 1 menit 47 detik, seperti disimak detikcom, Senin (12/3/2018).

"Saya mengimbau kepada segenap bangsa khususnya umat Islam, mari kita memelihara mata kita dari hoax, mari kita memelihara telinga kita dari gosib-gosib yang tidak benar, sebab mata hati dan telinga batin yang dipadati dengan hoax akan mengaburkan hati nurani kita," ujar Nasaruddin dalam video tersebut.

Menurut Nasaruddin nurani manusia yang buta tidak akan menemukan kebenaran, tidak akan menemukan jalan menuju langit, dan tidak akan pernah tentram dalam melaksanakan salat. Nasaruddin menyebut nurani yang buta tidak akan pernah menemukan apapun jalan kebenaran dan jalan kehidupan yang menyenangkan di dunia ini.

"Sekali lagi mari kita menjauhkan hoax dalam kehidupan keluarga, dalam kehidupan warga masyarakat kita," katanya.

Nasaruddin juga mengajak masyarakat untuk untuk mendukung aparat penegak hukum dalam memberantas hoax. Ia mengingatkan, hoax hanya akan menguntungkan orang lain dan hanya mencelakai bangsa sendiri.

"Kepada semua pihak, semua masyarakat, mari kita kerjasama bahu membahu untuk memproteksi diri kita untuk tidak mengkonsumsi berita-berita hoax ini, sebab hoax itu hanya akan menguntungkan orang lain dan hanya mencelakakan kita sendiri. Sebagai warga bangsa mari kita menjadikan musuh bersama apa yang disebut dengan hoax ini," ucapnya.

Berikut pernyataan lengkap Nasaruddin dalam video tersebut:

Assamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu, saya Nasaruddin Umar sehari-hari imam besar di Masjid Istiqlal Jakarta dan juga masih rektor di Institut PTIA Jakarta, serta guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Saya mengimbau kepada segenap bangsa khususnya umat Islam, mari kita memelihara mata kita dari hoax, mari kita memelihara telinga kita dari gosib-gosib yang tidak benar, sebab mata hati dan telinga batin yang dipadati dengan hoax akan mengaburkan hati nurani kita, nurani yang buta itu tidak akan menemukan kebenaran, nurani yang buta tidak akan bisa menemukan jalan menuju langit, nurani yang buta pasti tidak akan pernah tentram dalam melaksanakan salat, nurani yang buta itu tidak akan pernah menemukan apapun jalan kebenaran dan jalan kehidupan yang menyenangkan di dunia ini.

Sekali lagi mari kita menjauhkan hoax dalam kehidupan keluarga, dalam kehidupan warga masyarakat kita. Mari kita mendukung semua pihak yang akan memberantas hoax ini, wa bil khusus pimpinan kepolisian yang sangat bersemangat untuk memberantas isu-isu yang namanya hoax.

Kepada semua pihak, semua masyarakat, mari kita kerjasama bahu membahu untuk memproteksi diri kita untuk tidak mengkonsumsi berita-berita hoax ini, sebab hoax itu hanya akan menguntungkan orang lain dan hanya mencelakakan kita sendiri. Sebagai warga bangsa mari kita menjadikan musuh bersama apa yang disebut dengan hoax ini.
(nvl/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed