DetikNews
Minggu 11 Maret 2018, 19:43 WIB

Pimpinan DPR: Usut Tuntas Kecelakaan Tank di Purwerejo

Suci Rizqi Lestari - detikNews
Pimpinan DPR: Usut Tuntas Kecelakaan Tank di Purwerejo Foto: Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (Dok. DPR)
Jakarta - Kendaraan tempur yang tengah mengangkut siswa PAUD dan TK Sindurjan Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, dalam rangka outbond tenggelam di Sungai Bogowonto, Purworejo, Sabtu (10/3/2018). Insiden ini mengakibatkan dua orang meninggal dunia, yakni personel TNI AD atas nama Pratu Randi Suryadi dan Ketua Yayasan TK Ananda, Iswandari.


Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mendorong Komando Strategi TNI Angkatan Darat (Kostrad) segera melakukan investigasi serta menemukan penyebab tergelincir dan tenggelamnya satu unit tank M113 milik TNI AD. Taufik pun mengucapkan bela sungkawa atas kejadian itu.

"Pertama, saya ucapkan bela sungkawa atas kejadian itu. Saya mendorong Kostrad segera mengusut tuntas penyebab kecelakaan tank itu. Kita tahu, pengenalan kemiliteran kepada murid sekolah tentu sangat baik, namun jangan sampai terjadi kecelakaan, bahkan jatuh korban," harap Taufik dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (11/3/2018).


Di tengah jalannya outbond, siswa PAUD dan TK diajak naik kendaraan tempur itu ke Sungai Bogowonto dengan menggunakan tiga unit tank. Satu tank dinaiki sekitar 20 penumpang siswa PAUD dan TK.

Putaran pertama, tiga tank berjalan mulus. Namun saat putaran kedua, satu tank mengalami musibah tergelincir dan tenggelam. Sementara dua tank lainnya selamat.

Penumpang tank yang tenggelam terdiri dari 5 personel TNI dan 17 penumpang (16 siswa dan 1 guru). Setelah melihat tank tenggelam, beberapa personel 412 yang sedang melaksanakan kegiatan di lapangan HR langsung menolong.


Taufik juga mendorong agar pihak sekolah mengedepankan keamanan dan keselamatan anak didik, apalagi ketika berada di lapangan. Pendampingan harus dilakukan secara ketat sehingga anak-anak merasa aman dan nyaman.

"Ke depannya, kita semua berharap kecelakaan seperti ini tidak terjadi lagi, apalagi kegiatan ini cukup baik untuk mengenalkan dunia militer sejak dini. Namun yang harus ditekankan adalah aspek keselamatan dan keamanan seluruh peserta outbond," tandas politisi F-PAN itu.

Kerugian yang dialami dalam peristiwa tersebut yaitu materil 1 unit Tank 412 yang tenggelam.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed