DetikNews
Minggu 11 Maret 2018, 13:20 WIB

Sakit Perut, ABK Kapal Berbendera Malta Dievakuasi ke Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Sakit Perut, ABK Kapal Berbendera Malta Dievakuasi ke Aceh Foto: Ilustrasi, Tim SAR saat mencari korban Kapal tugboat tenggelam di perairan Banten. (Dok. Pos SAR Banten)
Banda Aceh - Vasilii Protopopov (49), seorang awak buah kapal (ABK) kargo MV Talisman berbendera Malta, dievakuasi ke Banda Aceh karena mengeluh sakit di bagian perut. Pasien asal Rusia ini dijemput ke tengah laut oleh tim SAR dibantu pihak terkait.

Tim evakuasi yang terdiri dari SAR Banda Aceh, KSOP Malahayati, Imigrasi Banda Aceh, Bea Cukai Banda Aceh, KKP Banda Aceh, dan agen Pelayaran PT Pelni Aceh berangkat ke titik evakuasi dengan menggukan KN SAR Kresna, Minggu (11/3/2018). Lokasi penjemputan berjarak sekitar 10 mil dari pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Begitu tiba, tim berkoordinasi dan memindahkan pasien dari kapal kargo ke KN Kresna. Proses evakuasi ini membutuhkan waktu sekitar satu jam. Usai pasien dipindahkan, KN SAR kembali ke Banda Aceh sementara kapal berbendera Malta itu melanjutkan perjalanannya.

Kepala Kantor SAR Nasional Aceh Hari Adi Purnomo mengatakan pihanya menerima informasi dari agen PT Pelni tentang permintaan evakuasi medis terhadap satu orang ABK kapal kargo sekitar pukul 06.30 WIB. Tim lalu dipersipakan dan menuju ke MV Talisman yang berlayar dari Port Dubai dengan tujuan Guangzou China.

"Satu orang ABK kita evakuasi karena mengalami sakit pada perut," kata Hari Adi kepada wartawan.

Menurutnya, pasien dalam keadaan sadar dan lemah. Setelah tiba di daratan, pasien dibawa ke Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh menggunakan ambulans Karantina Kesehatan Pelabuhan Banda Aceh untuk menjalani perawatan.

"Pasien sudah dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut terkait penyakit yang dialaminya," jelasnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed