DetikNews
Minggu 11 Maret 2018, 08:53 WIB

Celaka di Bogowonto, Tank M113 Ternyata Bekas Militer Belgia

Danu Damarjati - detikNews
Celaka di Bogowonto, Tank M113 Ternyata Bekas Militer Belgia Kecelakaan Tank di Sungai Bogowonto (Istimewa/Sutopo Purwo Nugroho)
Purworejo - Tank M113 mengalami kecelakaan di Sungai Bogowonto, Purworejo. Ternyata tank jenis itu adalah bekas pakai militer Belgia yang dibeli Indonesia.

Kepala Penerangan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Letkol Inf Putra Widyawinaya, membenarkan bahwa tank itu berjenis M113A1, bekas pakai militer Belgia. Tank ini dibeli dan sampai di Indonesia pada 2014 lampau. Tank sampai ke Purworejo pada dua tahun lalu.

"Benar, didistribusikan ke kesatuan Yonif Mekanis 412, tahun 2016," kata Putra kepada detikcom, Minggu (11/3/2018).

Bataliyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 412/6/2 Kostrad yang bermarkas di Purworejo menerima tank ini pada dua tahun lalu. Sebenarnya, tank seperti ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

"Tank jenis ini pertama dibuat oleh Amerika Serikat pada 1961. Selanjutnya dalam perkembangannya, hak produksi diberikan juga kepada Belgia dan Italia oleh AS selaku pemegang lisensi," tutur Putra.

Namun tentang kapan tank yang dipakai Yonif Mekanis 412 itu diproduksi, Putra tidak tahu menahu. Pihak militer hanya sebagai pengguna. "Kemhan yang lebih tahu masalah itu. Kami selaku user hanya menerima saja," kata dia.

Tank itu mengalami kecelakaan pada Sabtu (10/3) pukul 10.00 WIB kemarin. Tank itu sedang mengangkut 16 anak TK dan PAUD, seorang guru, dan lima personel TNI.

Kecelakaan itu merenggut nyawa Pratu Randi Suryadi dan Kepala Sekolah PAUD Ananda bernama Iswandari.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed