DetikNews
Minggu 11 Maret 2018, 07:48 WIB

Yonif Mekanis 412 Sering Outbound Pakai Tank Bersama Anak TK

Danu Damarjati - detikNews
Yonif Mekanis 412 Sering Outbound Pakai Tank Bersama Anak TK Tank M113 dinaiki anak-anak (istimewa/Sutopo Purwo Nugroho)
Purworejo - Kecelakaan tank di kawasan Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, terjadi saat para pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 412/Bharata Eka Shakti beraktivitas bersama anak-anak TK dan PAUD setempat. Aktivitas seperti ini sudah sering dilakukan.

"Outbound ini kan sering, rutin dilaksanakan," kata Kepala Penerangan Kostrad Letkol Inf Putra Widyawinaya kepada detikcom, Minggu (11/3/2018).

Kegiatan outbound, yakni semacam darmawisata luar ruangan, dilakukan oleh TK dan PAUD Ananda pada Sabtu (10/3). Outbound kemarin menjadi peristiwa yang memilukan lantaran tank yang ditumpangi anak-anak terperosok di kawasan Sungai Bogowonto, mengakibatkan dua orang tewas, salah satunya adalah Kepala Sekolah PAUD Ananda, Iswandari.

Menurut Putra, kegiatan semacam ini tidaklah aneh dilakukan. Alat utama sistem persenjataan (Alutsista), dalam hal ini tank M113, diperkenalkan kepada warga. Maksudnya agar masyarakat mengenal TNI. Tak masalah bila Alutsista digunakan dalam kegiatan bersama anak-anak.

"Ya kan kita tahu kendaraan-kendaraan Alutsista ini kan milik rakyat Indonesia. Jadi dengan outbound, kita mengenalkan TNI punya tugas seperti ini, dan juga punya peralatan tempur seperti ini," tutur Putra.

Tak ada yang menyangka peristiwa pukul 10.00 WIB kemarin pagi bakal membawa petaka. Di luar dugaan pula, tank M113 itu terperosok di kawasan Sungai Bogowonto.

"Kalau namanya kendaraan tempur pasti bisa melintasi medan-medan yang berat," kata Putra.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed