Sandiaga Jamin Penataan Pohon Sudirman-Thamrin Ramah Pedestrian

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 10 Mar 2018 01:10 WIB
Sandiaga Uno (Randy/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memastikan pemindahan pohon di Sudirman-Thamrin tak berbahaya. Dia juga meyakinkan penataan pohon di kawasan tersebut ramah bagi pedestrian atau pejalan kaki.

"Kita pastikan akan lebih teduh dan pastikan kualitas pohon yang tidak ada membahayakan pejalan kaki," ucap Sandiaga setelah menghadiri acara d'HOT Music Day di Kuningan City, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Beberapa pohon dipindahkan dari Sudirman-Thamrin karena dianggap membahayakan pejalan kaki. Namun, bila memang ada pohon yang tidak berbahaya bagi pedestrian, akan ditanam lagi di trotoar.


"Ada beberapa pohon yang akan dipindahkan (ke trotoar). Tapi pada intinya ada beberapa pohon yang tidak bisa dipindahkan ke sisi trotoar karena sudah rapuh. Dan sebagian kita pindahkan ke Taman BMW," ucap Sandiaga.

Dia menjamin perubahan itu akan menambah rindang trotoar. Dengan begitu, kata Sandiaga, pejalan kaki akan nyaman beraktivitas.

"Kan satu pembatas dihilangkan. Yang dipindahkan ke trotoar itu akan menambah asri dan keteduhan trotoar sendiri," sebutnya.


Sebelumnya, 541 pohon dipindah dari separator Jalan Jendral Sudirman (Bundaran Patung Pemuda-Patung Jenderal Sudirman) sisi barat dan sisi timur. Dari sisi barat ada 228 pohon yang dipindahkan, kemudian dari sisi timur ada 302 pohon yang dipindahkan.

"Yang di trotoar existing ada 11 pohon yang akan direlokasi juga, jadi total 541 pohon," kata Kasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Jalur Hijau Dinas Kehutanan DKI Arwin Adlin, Kamis (8/3). (aik/elz)