DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 23:14 WIB

Kapolri Minta Polantas yang Pungli dan Maki Pengendara Ditindak Tegas

Audrey Santoso - detikNews
Kapolri Minta Polantas yang Pungli dan Maki Pengendara Ditindak Tegas Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menyambangi kantor PBNU (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Kisah Aiptu Supriyanto yang menilang seorang pengendara motor viral karena sarat upaya pungutan liar (pungli). Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz menindak tegas Aiptu Supriyanto.

"Sudah saya perintahkan ke Pak Kapolda, anggota tersebut ditarik, diperiksa, kemudian dilakukan tindakan," kata Tito saat ditemui dalam acara pengajian di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Tito berharap polisi lainnya dapat melihat dan mengambil pelajaran dari pelanggaran yang dilakukan Aiptu Supriyanto.

"(Tindakan tegas) memberikan pembelajaran bagi anggota yang lainnya," ucap Tito.

Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin sebelumnya angkat bicara soal praktik pungli bermodus tilang yang dilakukan Aiptu Supriyanto. Martuani mengatakan Supriyanto akan dikenai sanksi disiplin dan kode etik. Bahkan sanksi terberat dari persidangan kode etik adalah pemecatan.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menjelaskan Supriyanto adalah staf Perencanaan dan Administrasi (Renmin) Satlantas Polres Metro Jakarta Barat. Tugas Supriyanto adalah di balik meja kantor. Namun dia berkeliaran di luar untuk melakukan penilangan.

"Dia itu kasus, di dalam (sebagai) staf tapi pergi operasi di luar. Nggak boleh. Sebenarnya tidak boleh keluar," tegas Halim.
(aud/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed