Pohon-pohon dari Sudirman Sudah Ditanam di Taman BMW

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 09 Mar 2018 13:20 WIB
Foto: Pohon dari Sudirman sudah ditanam di Taman BMW (Eva-detikcom)
Jakarta - Sejumlah pohon di Sudirman sudah mulai direlokasi ke Taman BMW. Baru berjalan dua minggu, terlihat beberapa pohon yang sudah mulai tumbuh.

Staf pelaksana dari Jaya Konstruksi, Farif Pujiyani mengatakan pengerjaan penanaman pohon di Taman BMW sudah berlangsung dua minggu. Total saat ini ada 198 pohon.

"Sudah dua minggu yang lalu, terakhir pengerjaan hari ini nih, disini 198 pohon, ini khusus Taman BMW saja," ujarnya saat di temui di Taman BMW, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (9/3/2018).

Pohon-pohon dari Sudirman Sudah Ditanam di Taman BMWFoto: Pohon dari Sudirman sudah ditanam di Taman BMW (Eva-detikcom)


Pantauan detikcom pukul 12.20 WIB, terlihat enam pekerja di lokasi yang sedang melakukan proses pengerjaan. Dua di antaranya memotong batang pohon menggunakan gergaji. Ada juga yang sedang memotong bambu untuk penyangga pohon setelah ditaman.

Sebelum ditanam batang pohon dipotong agar ringan saat dibawa. Prosesnya dimulai tanaman yang telah dipangkas dibungkus dengan menggunakan karung terlebih dahulu. Setelah selang dua hari tanaman baru bisa ditanam.

"Kita diamkan dulu ya sekitar dua hari lah, biar bisa hidup," ujar salah satu petugas taman Bek Rochmat (46), di lokasi.


Kemudian, setelah dua hari karung tersebut dibuka lalu siap untuk ditanam. Jarak antar pohon tersebut 4 meter. Setelah pohon ditanam lalu disiram air yang sudah tercampur dengan obat perangsang akar.

"Setelah di tanam, disiram air dengan dicampur pake obat, dikasih pupuknya sebulan setelah akar keluar, ini kan perangsang akar buat ngeluarin akar dulu," ucap Bek.

Setelah itu, setiap pohon diberikan bambu untuk menyanggah sampai akar pohon keluar. Terlihat di lokasi juga sudah ada beberapa pohon yang tumbuh batang baru. Hal ini pengaruh dari obat yang dikasihnya.

"Iya obatnya cukup bagus," kata Bek.



Farif menuturkan pohon yang tertanam di Taman BMW ini seluruhnya relokasi dari wilayah Sudirman.

"Ini pohon yang di Sudirman sisi barat dan sisi timur. Dari patung Sudirman ke arah Semanggi. Sebaliknya dari Hotel Meridian ke BNI," ujarnya.

Setelah ini, tutur Farif rencana relokasi selanjutnya di Taman Kalijodo. Namun, ia tidak mengetahui kapan penanaman di Kalijodo dimulai.

"Yang di Kalijodo belum ditanami, karena relokasinya belum sampai ke sana, belum tau kapannya pokoknya setelah penebangan selanjutnya baru Kalijodo," tutupnya. (rvk/rvk)