DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 11:42 WIB

Dipuji Petani Tuban, Jokowi: Ini Kayak Kampanye, Nanti Disemprit

Andhika Prasetia - detikNews
Dipuji Petani Tuban, Jokowi: Ini Kayak Kampanye, Nanti Disemprit Foto: Jokowi dipuji petani saat panen raya di Tuban (Dika-detikcom)
Tuban - Presiden Joko Widodo melakukan panen raya dan menyerahkan SK Perhutanan Sosial di Tuban, Jatim. Jokowi mempersilakan perwakilan petani berdialog dengannya di atas panggung.

Seorang ibu dari Blitar yang mengaku pernah jalan kaki ke Jakarta curhat soal lahan garapan. Ia curhat kesulitan mendapat pupuk untuk menanam jagung.

"Ya sebenarnya rugi karena pupuk nggak ada," curhat ibu itu di Desa Ngimbang, Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3/2018).

Dipuji Petani Tuban, Jokowi: Ini Kayak Kampanye, Nanti DisempritFoto: Jokowi saat panen raya di Tuban (Dika-detikcom)

Dipuji Petani Tuban, Jokowi: Ini Kayak Kampanye, Nanti DisempritFoto: Jokowi saat panen raya di Tuban (Dika-detikcom)


Mendengar curhat tersebut, Jokowi langsung menanggapinya. Jokowi pun meminta menteri BUMN Rini Soemarno untuk menyiapkan pupuk hingga ke pelosok.

"Itu yang saya sering dengar. Pupuknya nggak ada, barangnya mahal. Padahal barangnya dari PT Pupuk. Ini yang saya minta ke Bu Menteri BUMN (Rini Soemarno), cari pupuknya itu di mana," kata Jokowi.



Tak lama kemudian, ibu ini langsung panjang lebar curhat ke Jokowi. Ia dulu bersama petani lainnya berjalan kaki dari Jatim ke Jakarta untuk memperjuangkan lahan, tetapi hasilnya nihil.

"Saya dari Malang, dari Blitar, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Jokowi karena kerja keras kami bertahun-tahun, saya jalan sampai ke Jakarta. Terus pulang dari sana sikil jebol, hasilnya apa? Janji-janji. Kalau Pak Jokowi menang oke," papar ibu tersebut.

Jokowi pun menegur ibu tersebut. "Ibu ini mau kampanye kelihatannya?" tutur Jokowi disambut tawa hadirin.



Ibu ini kemudian mendoakan Jokowi dan menyampaikan terima kasihnya ke Jokowi. "Saya sangat berterima kasih kepada Bapak, beribu-ribu terima kasih. Semoga ini Jumat yang berkah, Ya Allah lindungilah Pak Jokowi," ucap ibu tersebut.

Jokowi menegur kembali ibu tersebut.

"Ini hati-hati," ujar Jokowi.

"Saya cuma urusan sama SK saja Pak," jawab ibu itu.

"Ini kayak mau kampanye, disemprit nanti," jelas Jokowi.


Dalam acara ini, Jokowi menyerahkan 13 SK Perhutanan Sosial untuk 3 kabupaten (Bojonegoro, Blitar, dan Malang) seluas 8.975,8 hektare untuk 9.143 KK.

"Pemerintah sekarang ini terus membagikan lewat SK pengelolaan hutan untuk perhutanan sosial. Saya terus kejar menteri kehutanan, segera bagikan SK perhutanan sosial," terang Jokowi.
(rvk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed