DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 07:45 WIB

Javier Delgado, Wali Kota yang Dipasung Warganya karena Ingkar Janji

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Javier Delgado, Wali Kota yang Dipasung Warganya karena Ingkar Janji (Foto: Río Beni TV via BBC Munco)
Jakarta - Wali Kota San Buenabentura di Bolivia, Javier Delgado dipasung oleh warga. Dia dipasung karena dinilai tak memenuhi janji.

Delgado menjadi pemimpin di sebuah kota kecil di bagian Utara Bolivia. Kota tersebut berada di tepi barat Sungai Beni dan berada di depan kota Rurrenabaqque. San Buenaventura juga merupakan salah satu akses menuju ke Taman Nasional Madidi.


Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2018), kota tersebut memiliki lahan sekitar 200 ha. Menurut sensus tahun 2011, jumlah penduduk di San Buenaventura berjumlah 4.664 jiwa.

Sementara itu, Delgado merupakan pejabat yang dianggap sebagai anggota dari Gerakan untuk Sosialisme (MAS) Presiden Bolivia Evo Morales. Kendati demikian, Delgado terpilih sebagai Wali Kota oleh pihak lain.

Seperti dilansir BBC Munde, Delgado dipasung karena dianggap ingkar pada janjinya sendiri. Sebelumnya Delgado pernah mengalami hal serupa pada 2015 dan 2016.

Delgado juga disebut tidak pernah menerima warga di kantornya. Saat itu Delgado datang tapi warga menolak untuk menerimanya jika Delgado tidak dipasung terlebih dahulu.

"Mereka tidak mengizinkan saya bicara," kata Delgado kepada BBC Mundo.

Pada akhirnya, Delgado menerima hukuman itu untuk menghindari konflik yang lebih besar. Wali Kota itu dipasung selama 40 menit.


(knv/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed