DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 20:56 WIB

541 Pohon Dipindah, Sandiaga Pastikan Sudirman-Thamrin Hijau Kembali

Indra Komara - detikNews
541 Pohon Dipindah, Sandiaga Pastikan Sudirman-Thamrin Hijau Kembali Pohon di Jalan Sudirman-Thamrin (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 541 pohon di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan dipindahkan. Meski begitu, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno meyakinkan kawasan tersebut akan hijau kembali.

"Harapan kita akan hijau dan tentunya teduh-asri dan tidak membahayakan pejalan kaki. Itu harapan kita," kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (8/3/2018).



Namun Sandi belum bisa menjelaskan secara terperinci jenis tanaman dan pepohonan apa yang akan ditanam di kawasan Sudirman-Thamrin. Diharapkan, jika penataan selesai, kawasan Sudirman-Thamrin bisa tetap hijau dan teduh.

"Teman-teman, Pak Djafar dari Dirjen Kehutanan, Dinas Kehutanan, menyampaikan ada beberapa pohon yang akan ditambahkan," ujar Sandiaga.


Sebelumnya, 541 pohon dipindah dari separator Jalan Jendral Sudirman (Bundaran Patung Pemuda-Patung Jenderal Sudirman) sisi barat dan sisi timur. Dari sisi barat ada 228 pohon yang dipindahkan, kemudian dari sisi timur ada 302 pohon yang dipindahkan.

"Yang di trotoar existing ada 11 pohon yang akan direlokasi juga, jadi total 541 pohon," kata Kasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Jalur Hijau Dinas Kehutanan DKI Arwin Adlin, Kamis (8/3).


Di kesempatan terpisah, Kepala Bidang Kehutanan Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Jaja Suarja menambahkan, dari 541 yang sudah dipindahkan, baru 110 yang sudah ditanam kembali. Ratusan pohon itu ditanam di Taman BMW.

"Timur (arah Semanggi) dari Patung Sudirman ke arah WTC, 65 pohon sudah tertanam di BMW. Barat (arah ke Bundaran HI) dari Hotel Le Meridien ke Patung Sudirman, 45 pohon sudah tertanam di BMW. Total sudah 110 pohon," tutur Jaja.
(idn/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed