DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 18:48 WIB

Gubernur Pastikan Perusakan Gereja di Sumsel Tindakan Kriminal

Raja Adil Siregar - detikNews
Gubernur Pastikan Perusakan Gereja di Sumsel Tindakan Kriminal Foto: ist.
Palembang - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengecam pelaku perusak Kapel Zanto Zakaria di Ogan Ilir. Alex meminta pelaku segera ditangkap dan diberikan sanksi tegas.

"Saya sudah komunikasi dengan Pak Kapolda dan beliau sampaikan pelaku diperkirakan ada 6 orang," kata Alex Noerdin saat konferensi pers di Gedung Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun, Kamis (8/3/2018).

Menurut Alex, selama ini Bumi Sriwijaya sudah terbebas konflik kepentingan maupun konflik yang diakibatkan olehadanya unsur SARA.

Kapel Santo Zakaria sendiri, kata Alex, memiliki jemaah mencapai 60 orang. Pada saat kegiatan, jemaah pun turut berbaur dengan masyarakat sekitar.

"Informasi dari tokoh di lokasi, ini murni tindakan kriminal. Sedangkan unsurnya apa, motifnya apa itu segera terungkap dan Kapolda tadi sudah sampaikan untuk dikejar dan ini menjadi prioritas," kata Alex.

Untuk itu, dirinya mengaku tidak terlalu khawatir insiden ini akan berdampak pada pembangunan di Sumatera Selatan. Apalagi pada pelaksanaan Asian Games mendatang.

Sementara Sekretaris Kerukunan Umat Beragama Sumatera Selatan, Hendra mengatakan saat ini situasi di lokasi dipastikan sudah kindusif.

"Situasi sudah kondusif dan ini sudah kami komunikasikan dengan semua tokoh agama di Ogan Ilir. Benar yang dibilang Pak Gubernur, ini murni tindakan kriminal," katanya.

Kapel Santo Zakaria di Ogan Ilir, dirusak oleh orang tak dikenal sekitar Pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Sampai saat ini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap motif dan siapa pelakunya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed