DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 12:04 WIB

Tilap Rp 783 Juta, Kepala Dinas Perhubungan Banten Dipecat

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Tilap Rp 783 Juta, Kepala Dinas Perhubungan Banten Dipecat Ilustrasi (ari/detikcom)
Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim memberhentikan Kepala Dinas Perhubungan Banten Revri Aroes. Pemberhentian ini didasari SK Nomor 821.2/kep.65-BKD/2018 tertanggal 5 Maret 2018.

Pemberhentian Revri ini terkait dengan adanya temuan Inspektorat Banten pada kas daerah yang tidak disetorkan pada akhir 2017. Sampai waktu yang ditentukan, uang sebesar Rp 783 juta tak juga disetorkan ke kas daerah.

"Soal keputusan pemberhentiannya hak gubernur. Tetapi memang ada temuan terkait uang kas persediaan yang harusnya disetorkan ke kas daerah," kata Kepala Inspektorat Banten Kusmayadi kepada wartawan, Kota Serang, Banten, Kamis (8/3/2018).

Kusmayadi menjelaskan, sebelum ada keputusan gubernur, pihak Inspektorat sudah beberapa kali melayangkan surat peringatan. Kepala Dinas Perhubungan juga diminta segera menyelesaikan pengembalian kas Dinas Perhubungan ke kas daerah.

"Artinya, diminta segera menyelesaikan," ujarnya.

Audit yang dilakukan Inspektorat, menurutnya, kemudian menjadi pertimbangan gubernur memberhentikan kepala dinas.

"Kita hanya melakukan audit saja, keputusan hak memutus ada di gubernur," tegas Kusmayadi.

Dari surat pemberhentian yang didapat detikcom, atas pemberhentian Kepala Dinas Perhubungan Revrie Aroes ini, Gubernur Banten langsung menunjuk Herdi Jauhari sebagai Plt. Sebelumnya, ia adalah sekretaris pada Dinas Perhubungan Provinsi Banten.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed