DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 09:25 WIB

Polemik Cadar di Kampus, Ini Kata UIN Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Polemik Cadar di Kampus, Ini Kata UIN Pekanbaru Foto: AFP Photo/Menahem Kahana
Pekanbaru - Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru menyerahkan penggunaan cadar kepada individu mahasiswinya. Kampus ini tidak melarang dan tidak menganjurkan.

Demikian disampaikan, Kepala Humas UIN Suska Pekanbaru, Khaidir Alimin dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (8/3/2018). Menurut Khaidir, di kampusnya selama ini memang ada mahasiswinya yang menggunakan cadar. Hanya saja jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Persoalan penggunaan cadar alias penutup wajah hanya kelihatan matanya saja, menurut Khaidir, itu menjadi ranah pribadi masing-masing individu. Pihak kampus tidak terlalu jauh mencampuri atas penggunaan cadar tersebut.

"Secara aturan di kampus, kita memang tidak ada larangan atas penggunaan cadar tersebut. Kita juga tidak ada menganjurkan untuk bercadar," kata Khaidir.

Pihak kampus UIN Suska, menyerahkan persoalan penggunaan cadar atau tidak ke masing-masing mahasiswinya.

"Ada yang menganggap cadar memang harus digunakan, dan kita menghormati jika ada pemahaman seperti itu," kata Khaidir.

"Tapi kalau pendapat pribadi saya, ya sebaiknya tidak bercadar. Karena wajah perempuan itukan bentuk identitas. Wanita kan sah, kalau salat tidak menggunakan cadar," kata Khaidir.

Masih menurut pendapat pribadinya, penggunaan cadar menyulitkan untuk melakukan indentifikasi atau mengenali sosok wajah seseorang.

"Kan sulitnya ya kita mengenali wajah mahasiswi yang menggunakan cadar. Tapi seperti yang saya sampaikan tadi, bahwa kampus kami selama ini tidak ada larangan atau anjuran menggunakan cadar," tutup Khaidir.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed