DetikNews
Rabu 07 Maret 2018, 14:31 WIB

Trotoar Sudirman-Thamrin, Direncanakan Ahok Disempurnakan Anies

Erwin Dariyanto - detikNews
Trotoar Sudirman-Thamrin, Direncanakan Ahok Disempurnakan Anies Foto: Screenshot YouTube Pemprov DKI Jakarta
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengubah desain trotoar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan menilai trotoar di jalur tersebut perlu ditata ulang lantaran tak mengakomodir pengguna sepeda motor dan tidak ada arena untuk warga saling berinteraksi.

Anies berharap pengelola gedung ikut membantu proses penataan trotoar tersebut. Salah satunya dengan mengubah desain pagar yang membatasi antara gedung dengan trotoar.

Penataan trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sudah direncanakan sejak era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pada 4 Agustus 2016, Ahok akan memperlebar trotoar menjadi 9,5 meter dengan cara menghapus jalur lambat.

Bila pembatas jalur lambat dihilangkan, trotoar bakal dimajukan agar pengguna kereta Mass Rapid Transit (MRT) dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus TransJ atau moda transportasi lainnya.

Di trotoar selebar 9,5 meter itu nantinya bakal ditanami aneka pepohonan. Pohon-pohon yang ada di pembatas jalur lambat-jalur cepat dipindahkan ke trotoar.

Baca juga: Bila MRT Rampung, Ahok Ingin Perlebar Trotoar di Jalan Sudirman

Di sela peninjauan proyek LRT dan MRT, Jumat, 30 September 2016 Presiden Jokowi sempat menanyakan kemajuan pembangunan trotoar di Jakarta kepada Ahok. Ketika itu Ahok menjanjikan pembangunan trotoar Sudirman-Thamrin akan mulai terlihat awal 2017.

Ahok tak bisa menyelesaikan penataan trotoar sepanjang Sudirman-Thamrin. Dia divonis bersalah dalam kasus penistaan agama dan dihukum penjara selama 2 tahun.

Baca juga: Jokowi Tanyakan Perbaikan Trotoar, Ahok: Awal Tahun akan Kelihatan

Gubernur DKI Jakarta selanjutnya, Djarot Saiful Hidayat melanjutkan penataan trotoar Sudirman-Thamrin. Penataan trotoar tersebut ditargetkan rampung dan bisa dinikmati saat Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Semanggi pedestrian sampai Patung Kuda (Monas) dan pedestrian Semanggi sampai Kartika Chandra dan Benhil harus kita rapikan segera dalam rangka Asian Games," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Musda DPD REI DKI Jakarta di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017). Ia memperkirakan renovasi akan sebelum Asian Games, Agustus 2018, sehingga terkesan lebih ramah terhadap pejalan kaki.

Namun Gubernur Anies Baswedan yang menggantikan Djarot mulai Oktober menilai desain trotoar yang dibuat semasa Ahok dan Djarot perlu disempurnakan dengan menghidupkan lagi jalur untuk sepeda motor.

Baca juga: Sebagian Trotoar Sudirman-Thamrin Bakal Dibuat dari Kaca Transparan

Anies memastikan meski sepeda motor boleh kembali melintasi Jalan Sudirman-MH Thamrin para pejalan kakin di trotoar akan tetap nyaman. Trotoar antara lain akan dihiasi motif batik Nusantara, dan panggung budaya di Patung Pemuda Senayan.

"Jalan ini awal menghidupkan kembali ruang ekspresi pasca-jam kantor atau istirahat," kata Anies dalam sosialisasi trotoar di Balai Kota, Selasa (6/3/2018).

Dia meminta pengelola gedung ikut membantu proses penataan trotoar dimaksud. Caranya dengan mengubah desain pagar semula berupa tembok atau besi diganti dengan tanaman atau kolam air.

Baca juga: Anggaran Perbaikan Trotoar Sudirman-Thamrin dari KLB Pengembang

"Bisa dengan menggunakan tanaman yang ketinggiannya tidak mudah dilewati, tapi secara pandangan tidak menghalangi," ujarnya mencontohkan.

Selain itu, di beberapa titik di trotoar Jalan Sudirman dan Thamrin akan terbuat dari bahan kaca. Menurut Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal hal itu akan menjadi semacam pusat edukasi.

[Gambas:Video 20detik]


(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed