DetikNews
Rabu 07 Maret 2018, 12:49 WIB

Cegah Banjir, JK Siapkan Program Sejuta Cangkul Bersihkan Selokan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Cegah Banjir, JK Siapkan Program Sejuta Cangkul Bersihkan Selokan Foto: Wakil Presiden Jusuf Kalla (Noval-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan banjir di perkotaan terjadi karena sampah yang menyumbat selokan. Karena itu, pihaknya menyiapkan program sejuta cangkul untuk warga agar membersihkan selokan

"Itu tentu juga selama ini kita siapkan program sejuta cangkul untuk masyarakat mengulangi program itu. Bagaimana masyarakat membersihkan selokan depan rumahnya sendiri," ujar JK di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

JK mengatakan banjir di perkotaan terjadi karena lebih banyak air yang masuk daripada air yang keluar. Untuk itu, air yang masuk harus dikurangi atau mempercepat air keluar.

"Banjir di perkotaan lebih banyak yang masuk dari yang keluar, karena selokan mampet karena kotoran, sampah yang di (ulah) masyarakat. Sudah sering saya bicara dengan Gubernur DKI juga gubernur lain agar membuat aturan agar masyarakat harus membersihkan sendiri sampah selokan depan rumahnya," kata JK.

Menurut JK, Palang Merah Indonesia (PMI) sejauh ini sudah memberikan seratus ribu cangkul. Namun, targetnya adalah sejuta cangkul.

"PMI sudah berikan cangkul seratus ribu, kita punya program sejuta. agar masyarakat mandiri, untuk menjaga kebersihannya sendiri sehingga air tidak tergenang atau banjir, semuanya dua hal bagaimana mengurangi masuk air dan bagaimana cepat keluar," imbuhnya.

Mitigasi bencana banjir di kota besar harus dilakukan dengan melibatkan masyarakat. JK memandang penyelesaian masalah banjir tidak diserahkan kepada petugas atau pemerintah daerah.

"Saya menyatakan terima kasih kepada teman-teman semua baik di daerah yang telah kerja bersama beri contoh. Baik untuk dilaksanakan di daerah, dan juga pihak-pihak yang membantu bersama-sama," tutur JK.
(nvl/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed