DetikNews
Rabu 07 Maret 2018, 12:46 WIB

Ke KPK, Dubes Iran: Kami Tukar Informasi Pemberantasan Korupsi

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Ke KPK, Dubes Iran: Kami Tukar Informasi Pemberantasan Korupsi Rombongan Kedubes Iran untuk RI dan parlemen Iran menyambangi KPK (Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi, menemui pimpinan KPK. Kedatangannya beserta anggota Parlemen Iran ini untuk membicarakan soal pemberantasan korupsi.

"Kami didelegasikan oleh parlemen Iran untuk mengunjungi Indonesia dan menemukan hal baik lewat pertukaran informasi dan pengalaman pendidikan antikorupsi," ujar Valiollah Mohammadi di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2017).

Menurut Valiollah, Iran juga memiliki komisi antikorupsi serupa, termasuk, parlemennya juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam regulasi hukum.


"Dan tim kami dari parlemen juga mempunyai kewajiban yang sama untuk regulasi penanganan hukum. Dan mereka ingin mengetahui pengalaman Indonesia, bagaimana mereka memerangi korupsi," tutur dia.

Bersama Valiollah, turut hadir Ketua Parlemen Komisi Persahabatan Mahmoud Sadeghi serta anggotanya S Naser Musavi Largani dan Mehdi Sheikh.

Sebelumnya Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyatakan pertemuan ini adalah tindak lanjut dari sejumlah kerja sama KPK dengan Iran seperti memorandum of understanding (MoU) KPK dengan GIO (General Inspection Organization) Iran tahun 2007. Kemudian, Febri menyebut pula ada kerja sama Indonesia-Iran dalam forum UNCAC (United Nations Convention against Corruption) dan melibatkan GIO Iran dalam Konferensi Lembaga Pengawas Internal di tahun 2009.

"Ke depan tentu dapat dilakukan penguatan kerja sama, seperti pertukaran informasi dan sharing pembelajaran keberhasilan (lesson learned and best practice) program pemberantasan korupsi Indonesia dan Iran serta pelatihan-pelatihan yang nanti akan dilakukan KPK lebih fokus melalui ACLC (Anticoruption Learning Center)," ujar Febri.



(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed